Jumat, 29 Mei 2020

Akses Internet Hingga Fasilitas Android Jadi Kendala Belajar Online


Senin, 18 Mei 2020 | 16:15:18 WIB


Jamil Rusdi, Kepala SMPN 21 Kota Jambi
Jamil Rusdi, Kepala SMPN 21 Kota Jambi / Nita / Metrojambi.com

JAMBI - Menjelang hari raya idul fitri, para siswa hingga saat ini masih melaksanakan kegiatan belajar mandiri berbasis online di rumah. Bermacam aplikasi digunakan guru dan siswa demi untuk kenyamanan dalam belajar.

Kondisi serupa terjadi di SMPN 21 Kota Jambi. Bermacam program telah digunakan para guru bidang studi masing-masing demi kelancaran dan kenyamanan siswa belajar.

Kepala SMPN 21 Kota Jambi Jamil Rusdi menyebutkan, belajar mandiri di rumah selama masa pandemi covid-19 ini berjalan baik. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi.

"Kendalanya itu diantaranya, tidak semua siswa kita yang bisa mendapatkan akses jaringan internet," ujarnya, Senin (18/5/2020).

Selain itu, ada siswa yang kurang fokus untuk belajar secara mandiri. "Seperti ada gangguan yang sifatnya kurang kondusif, apalagi dalam bulan Ramadhan seperti sekarang," jelasnya.

Kendala lainnya seperti tugas yang menumpuk, jadi sebagian siswa tidak terfokus terhadap pelajaran yang sedang berlangsung.

“Sementara siswa lainnya ada yang tidak memiliki fasilitas ponsel android secara mandiri. Ini, tentunya menjadi kendala untuk mengikuti kegiatan belajar di rumah,” ungkapnya.

Meskipun demikian, Jamil mengatakan pihak sekolah tetap memberikan yang terbaik untuk membimbing siswa selama belajar di tengah wabah covid-19 seperti saat ini.


Penulis: Nita Priyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments