Selasa, 7 Juli 2020

Polda Jambi Sidak Harga Daging di Pasar Jelang Lebaran


Selasa, 19 Mei 2020 | 14:34:32 WIB


/ istimewa

JAMBI- Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Angso Duo, Jambi, Selasa, untuk mengecek stok dan harga daging sapi menjelang Lebaran 2020.

"Sampai hari ini para pedagang di Pasar Angso Duo menjual daging sapi dengan harga Rp130 ribu hingga Rp140 ribu per kilogram dan itu masih stabil selama puasa dan menjelang Lebaran," kata Direktur Reskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Edi Faryadi melalui Kasubdit I Indagsi AKBP Yuyan Priatmaja, di Jambi, Selasa.

Ia mengatakan sidak ini selain untuk memantau harga daging sapi juga untuk memastikan tidak ada daging oplosan, yakni daging sapi dicampur dengan daging babi hutan, serta memantau ketersediaan daging sapi.

Selama pengecekan, petugas tidak menemukan adanya daging oplosan, dan ketersediaan daging sapi juga masih cukup serta harga masih relatif stabil berkisar Rp130 ribu-Rp140 ribu per kilogram serta stok atau ketersediaan daging segar di Jambi masih cukup karena rata-rata pemotongan di rumah potong hewan (RPH) sebanyak tujuh hingga delapan ekor sapi per hari.

"Alhamdulillah, ketersediaan daging sekarang cukup, harga masih relatif normal karena harga maksimal tertinggi untuk daging sapi dijual pedagang Rp150 ribu per kilogram," katanya.

Biasanya menjelang Lebaran memang terjadi peningkatan penjualan daging segar. Namun, Polda Jambi tidak menemukan adanya daging yang dioplos oleh pedagang.

"Saat ini memang tidak ada daging oplosan, namun kita tetap mengawasinya," kata dia.

Polda Jambi mengimbau kepada pedagang agar berjualan daging secara jujur, dengan tidak mengoplos daging beku dengan daging segar.

"Masyarakat pun harus pintar jangan sampai salah pilih dan kita berikan pemahaman terhadap pedagang agar tidak mengoplos daging beku dengan daging segar," katanya.

Tim Ditreskrimsus Polda Jambi juga mengecek ketersediaan dan harga daging beku di swalayan yang berada di kawasan Kasang, Kota Jambi. Dalam pengecekan tersebut harga daging beku berkisar Rp95 ribu per kilogram.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments