Rabu, 3 Juni 2020

Satgas Pangan Sidak Harga Bahan Pokok di Pasar Tanjung Bajure


Kamis, 02 Mei 2019 | 23:17:21 WIB


Satgas Pangan Kota Sungai Penuh saat melakukan sidak di Pasar Tanjung Bajure, Kamis (2/5/2019)
Satgas Pangan Kota Sungai Penuh saat melakukan sidak di Pasar Tanjung Bajure, Kamis (2/5/2019) / metrojambi.com

SUNGAIPENUH – Tim Satgas Pangan Kota Sungai Penuh, Kamis (2/5/2019), melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap harga bahan pokok di Pasar Tanjung Bajure. Dari sidak tersebut diketahui jika harga bawang putih melonjak drastis.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sungai Penuh, Herman menjelaskan, sebenarnya tidak ada kenaikan signifikan dari harga Sembako di Pasar Tanjung Bajure, namun harga komoditas seperti bawang putih dan ayam memang meningkat.

"Bawang putih biasanya seharga 35 ribu per kilogram, kini naik menjadi 60 ribu per kilogram. Sedangkan ayam dari 32 ribu per kilogram menjadi 35 ribu per kilogram," ujarnya.

Terkait stok, lanjutnya, hanya terjadi di Sembako jenis ikan laut. Hal ini dikarenakan produksinya dari luar. "Biasanya terkendala cuaca dan longsor sehingga sulit. Tapi yang jelas pemantauan harga tetap kita laksanakan setiap harinya, petugas kita selalu turun," katanya.

Sementara itu, Kepala Unit Tipiter Polres Kerinci, Iptu Jeki menjelaskan, pelaksanaan Sidak didasarkan atas perintah Dirkrimsus Polda Jambi, agar Polres Kerinci melalui Tipiter mengawasi gejolak harga, tentunya dengan berkoordinasi instansi terkait.

"Kita mengawasi jangan sampai ada penimbunan barang yang membuat harga naik, jika itu terjadi pidana, akan kita proses," bebernya.

Sejauh ini, ditambahkannya, kenaikan masih normal, kecuali bawang putih, dibandingkan daerah lain masih mendingan, sebab daerah lain sampai Rp 70-75 ribu per kilo.

"Kalau memang ada gejolak, monitoring laksanakan lagi operasi pasar didukung Bulog," tegasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments