Rabu, 3 Juni 2020

BLT Belum Cair, Mak-mak di Bungo Segel Kantor Rio


Sabtu, 23 Mei 2020 | 20:38:53 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 MUARABUNGO - Kantor Rio (Kepala Desa, red) Jumbak, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo, Sabtu (23/5/2020), disegel warga.

Aksi yang didominasi mak-mak tersebut dilatarbelakangi rasa kesal warga terhadap Pemerintah Dusun yang belum juga merealisasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD).

“Kami kesal sudah dua bulan ini BLT belum juga cair, sementara Dusun lainnya sudah semua, sementara hari rayo bentar lagi," ujar salah warga.

Beberapa tulisan yang ditempelkan di seputaran dinding kantor itu berupa permintaan agar ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mundur.

"Tolong cairkan BLT, tolong usut dana desa yang dicairkan tahap awal," bunyi tuntutan.

Berdasarkan informasi pihak kecamatan, Polsek, dan anggota Koramil mencoba memediasi tuntutan warga tersebut disebuah sekolah di dekat Kantor Rio.

Namun hasil dalam pertemuan yang menindak lanjuti keluhan warga tentang dana BLT dan tentang pembagian sembako dari pihak swasta dan Pemda Bungo tidak membuahkan hasil.

Hal itu membuat suasana pertemuan menjadi ricuh dan para ibu ibu membalikan meja dan kursi didalam ruangan.

Syafrizal, Camat Jujuhan berupaya merendam kericuan akhirnya para aksi keluar ruangan dan melanjutkan tuntutan.

"Kami minta penyaluran BLT dan bantuan lain nya harus dicek apa benar-benar yang layak menerima nya ini orang kaya ada juga menerima bantuan," ujar warga.

Menindaklanjuti tuntutan warga, Camat Jujuhan telah memerintahkan perangkat Dusun dan BPD untuk membuka segel Kantor Rio. Selain itu juga bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas langsung mengecek ke rumah-rumah warga yang tidak dapat bantuan BLT juga bantuan lainnya.


Penulis: Cr5
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments