Rabu, 12 Agustus 2020

Bupati Kerinci Adirozal Lepas Kepulangan Pasien Positif 02 Covid-19 Provinsi Jambi yang Sembuh


Minggu, 24 Mei 2020 | 15:38:15 WIB


Kepulangan pasien 02 Covid-19 di Kerinci
Kepulangan pasien 02 Covid-19 di Kerinci / dedi

 

KERINCI - Suasana haru dan bahagia mengiringi pemulangan pasien Positif Covid-19 02 Provinsi Jambi dan 01 Kabupaten Kerinci asal Kayu Aro yang dinyatakan sembuh dari virus corona.
 
Pasien yang positif virus corona ini diperbolehkan pulang setelah dikeluarkan swab atau PCR, Minggu (24/05) dan hasilnya dinyatakan negatif. 
 
Kepulangan pasien tersebut langsung dilepas oleh Bupati Kerinci, Adirozal dan dijemput oleh pihak keluarga, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) MHA Thalib Kerinci, Minggu siang (24/05/2020). 
 
Acara pemulangan pasien yang sembuh, yang diketahui berinisial NT (53) warga Desa Tangkil, Kecamatan Gunung Tujuh  ini, dihadiri Bupati Kerinci, Adirozal, Pj Sekda, Asraf, Kepala Dinas Kesehatan Kerinci, Dirut RSUD MHA Thalib Kerinci, Kepala BPBD Kerinci, Darifus, Forkopimda Kerinci. 
 
Dalam kesempatan itu, Bupati Kerinci Adirozal mengucap syukur di hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H atau suci ini salah seorang pasien positif di Kerinci sembuh dari hasil uji swab. 
 
"Iya hari ini kita lepas kepulangan pasien positif 02 Covid-19 Provinsi Jambi yang dinyatakan sudah sembuh dari hasil swab. Jadi dengan sembuhnya pasien 02 ini tidak ada lagi pasien positif di Kerinci," sebutnya. 
 
Mantan Wakil Walikota Padang Panjang ini juga menyebutkan bahwa ini merupakan pelajaran bagi semuanya, karena pasien Covid-19 bisa sembuh, asalkan pasien mau mengikuti anjuran pemerintah dan petugas kesehatan yang merawatnya.
 
Bupati Adirozal sangat mengapresiasi kinerja serta usaha dari petugas medis dan jajaran RSUD MHA Thalib Kerinci yang telah memberikan perawatan terbaik untuk pasien tersebut.
 
"Saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya atas kinerja dari seluruh petugas medis dan jajaran rumah sakit ini yang telah berjuang keras, memberikan pelayanan yang baik demi kesembuhan pasien penderita Covid-19," sebutnya. 
 
Orang nomor satu di Kerinci ini minta kepada NT untuk tetap mengunakan masker dirl rumah dan tidak terlalu banyak kontak dengan orang lain. 
 
"Kita juga minta keluarga tetap memberi semangat dan selalu menjaga pola makan NT serta jangan terlalu banyak kontak dengan yang bersangkutan selama 14 hari," ungkapnya. 
 
Bupati Adirozal mengimbau kepada masyarakat Kerinci untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pemerintah. 
 
"Perbanyak doa, SOP tetap dilakukan, pakai masker dan jaga kesehatan serta jangan banyak begadang malam, agar siang tetap fit," pungkasnya. 
 
Sementara itu, Pj Sekda Kerinci, Asraf mengatakan pasien positif 02 Provinsi Jambi yang sembuh ini yang dipulangkan dilepas langsung oleh Bupati Kerinci.
 
"Keluarga pasien juga menjemput langsung ke RSUD MHA Thalib Kerinci," ungkapnya. 
 
Sekda berharap dengan adanya pasien positif yang sembuh ini, tidak ada lagi masyarakat Kerinci yang positif Covid-19. 
 
"Mudah-mudahan tidak ada lagi masyarakat Kerinci yang positif Covid-19, Pemkab Kerinci akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan penanganan dan memutus matarantai  virus corona," sebutnya. 
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci, Hermendizal, saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, data dari Provinsi Jambi bahwa hasil Swab Pasien 02 negatif. 
 
"Ya, saya diberitahu dari provinsi tadi pagi, pasien 02 sudah bisa pulang, hasil swabnya sudah negatif," jelasnya.
 
Dia menjelaskan pasien 02 ini merupakan pasien yang pertama di kabupaten Kerinci dan kedua di Provinsi Jambi positif Covid-19. "Beliau kurang lebih 2 bulan diisolasi di RSUD MHA Thalib Kerinci mulai dari 21 Maret 2020 sampai dengan 24 Mei 2020," pungkasnya. 
 
Dengan dipulangkannya pasien 02 ini, lanjut Hermendizal, maka untuk pasien positif Kabupaten Kerinci kosong. 
 
"Mudah-mudahan tidak ada lagi pasien yang positif di Kerinci," pungkasnya. 
 
Sebelum memasuki mobil ambulans, Bupati Kerinci Adirozal juga memberikan bantuan kepada pasien positif yang sembuh di Kerinci berupa sejumlah uang.

Penulis: dedi
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments