Minggu, 5 Juli 2020

Lapas Kualatungkal Tiadakan Layanan Besuk Warga Binaan, Diganti Video Call


Minggu, 24 Mei 2020 | 20:10:34 WIB


Suasana di Lapas Klas IIB Kualatungkal
Suasana di Lapas Klas IIB Kualatungkal / metrojambi.com

 KUALATUNGKAL - Pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) pada momen hari raya Idul Fitri 1441 H ini, membuka layanan besuk bagi keluarga warga binaan.

Namun berbeda dari biasanya, pihak keluarga tidak bisa bertemu langsung dengan warga binaan. Mereka hanya dapat bertatap muka dan berbincang lewat layanan video call.

"Iya, besuk lewat video call. Untuk mencegah penyebaran Covid-19," ujar Kepala Lapas Klas IIB Kualatungkal Imam Siswoyo saat dikonfirmasi, Minggu (24/5/2020).

Sementara itu, Kasi Binadik dan Giatja  Lapas Klas IIB Kualatungkal Haszuwan mengatakan, pihaknya hanya membuka kunjungan online via video call. Keluarga warga binaan hanya diperkenankan bertatap muka melalui perangkat komputer yang disediakan pihak Lapas.

"Lebaran hari ini kami tidak melayani besukan. Sebagai gantinya yakni kunjungan online dengan video call," katanya.

Haszuwan menyampikan, pihaknya telah menyiapkan empat alat komunikasi untuk para warga binaan. Teknisnya, keluarga yang membesuk akan melakukan panggilan via WhatsApp web yang nomornya telah dimintai oleh pihak Lapas.

"Empat alat komunikasi telah kami siapkan nanti kalau ada yang membesuk akan kami sambungkan dengan video call melalui whatsap web dan nomor keluarga nya sudah kami siapkan jauh-jauh hari," terangnya.

Lebih lanjut Haszuwan mengatakan kalau untuk paket makanan dari keluarga pihaknya masih menerima akan tetapi ada syarat syarat yang harus di ikuti.

"Ada syaratnya, seperti melakukan registrasi lalu, pengambilan makanan harus diantar oleh pihak Lapas menggunakan ember, terus ember tersebut dibawa oleh pihak Lapas untuk diantar kepada warga binaan," ungkapnya.

Haszuwan juga mengatakan, pada Lebaran tahun ini pihaknya juga turut memberikan remisi untuk warga binaan. "Tahun ini sebanyak 201 warga binaan yang mendapatkan remisi," tutupnya.


Penulis: Eko
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments