Minggu, 9 Agustus 2020

Pilkada Serentak Disepakati 9 Desember dengan Protokol Kesehatan


Rabu, 27 Mei 2020 | 21:12:47 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 JAMBI - Pilkada serentak dipastikan akan berlangsung pada 9 Desember 2020. Ini disepakati dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi II DPR RI. Dengan demikian maka tahapan Pilkada akan dimulai 15 Juni 2020.

Rapat secara virtual Komisi II DPR RI dengan anggota KPU RI, Bawaslu RI, DKPP dan Menteri Dalam Negeri menyepakati pelaksanaan Pilkada serentak tetap berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Dalam situasi Covid, seluruh agenda dan aspek kehidupan harus tetap berjalan. Termasuk kehidupan politik dan Pilkada. Kita menyepakati memilih pelaksanaan Pilkada tetap pada 9 Desember 2020. Sesuai kesepakatan sebelumnya pada 14 April 2020 lalu, yang sudah pula diterbitkan Perpunya oleh Presiden,” kata Ahmad Doli Kurnia, sembari mengetuk palu tanda persetujuan.

Ada dua syarat dalam pelaksanaan Pilkada 9 Desember itu. Tahapan harus dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. "Bagi penyelenggara, agar berkoordinasi dengan gugus tugas,” katanya lagi.

Menanggapi hal ini, Komisioner KPU Provinsi Jambi M. Sanusi mengatakan, pihaknya akan mengikut semua yang telah ditetapkan dengan ketentuan protokol kesehatan.

"Kami sami'na wa atho'na. Pertama kali yang akan kami lakukan adalah merincikan kembali anggaran sesuai dengan protokol kesehatan," kata Sanusi, Divisi Teknis ini.

Selain perincian anggaran, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait termasuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments