Rabu, 12 Agustus 2020

Sumber Air Panas Baru Ditemukan di Lembah Kaki Gunung Kunyit Kerinci


Selasa, 02 Juni 2020 | 16:18:14 WIB


Sumber air panas baru ditemukan di kawasan Talang Kemuning, Kecamatan Bukit Kerman, Kabupaten Kerinci
Sumber air panas baru ditemukan di kawasan Talang Kemuning, Kecamatan Bukit Kerman, Kabupaten Kerinci / metrojambi.com

 KERINCI - Selain air panas Semurup, Kecamatan Air Hangat Barat dan Sungai Medang, Kecamatan Air Hangat Timur, kini di Kabupaten Kerinci terdapat sumber air panas baru di wilayah hutan Talang Kemuning, Kecamatan Bukit Kerman.

Dzacky, salah seorang guide dan penggiat pariwisata Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh saat dikonfirmasi mengatakan, ia bersama beberapa rekannya menemukan sumber air panas di Kerinci tepatnya lembah kaki Gunung Kunyit.

"Ini adalah sumber air panas atau biasa juga disebut dengan nama Grao Sikai. Lokasinya berada di sebuah lembah Kaki Gunung Kunyit yang masuk dalam wilayah Hutan Talang Kemuning. Ini juga salah satu objek wisata pendukung untuk Desa Wisata Lempur," kata Dzacky kepada Metrojambi.com, Selasa (02/06/2020).

Dzacky menyebutkan jika penemuan sumber air panas ini sudah lama, namun tidak terekspos di media sosial (Medsos), dan masih banyak masyarakat yang tidak tahu terkait keberadaan air panas ini.

"Kalau penemuannya sudah lama,  tapi tidak terekspos. Sekarang kami coba untuk mempromosikan kembali melalu beberapa jenis media, dan ini akan menjadi destinasi alam terbaru untuk wisata Kerinci," sebutnya.

Dikatakannya lagi, air panas Grao Sikai tidak jauh berbeda dengan air lanas Grao Sakti di Desa Renah Kemumu, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin.

"Tidak terlalu jauh berbeda. Tapi kalau Grao Sikai ini akses menuju ke sana harus berjalan kaki sekitar 1,5 jam dari Talang Kemuning," ungkapnya.

Dzacky menambahkan, tidak jauh dari sumber air panas tersebut juga terdapat air terjun 5 tingkat. Salah satunya yang tertinggi 50 - 60 meter dan diberi nama Air Terjun Lembah Dewa, karena keberadaannya berada di lembah kaki gunung kunyit yang terkenal dengan Taman Dewa.

"Air Terjun ini sangat cocok bagi mereka yang suka berpetualangan di alam liar, karena jalan menuju kesana sangat menantang dan ekstrem," imbuhnya.

"Disamping pemandangan alamnya yang indah air panas ini juga bagus untuk dijadikan lokasi pemaandian air panas untuk perawataan Kulit yang alami, menjadi Geowisaata (Geotrek)," terangnya.

Untuk akses menuju kesana bisa melalui Desa Talang Kemuning dan Desa Wisata Lempur . "Jika berminat, harus menggunakan jasa pemandu lokal untuk menuju ke lokasi," pungkasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments