Senin, 13 Juli 2020

PPDB SMP Negeri Dimulai Akhir Juni

Dilakukan Sistem Daring

Selasa, 02 Juni 2020 | 16:51:53 WIB


Supardi, Kepala Bidang Pembinaan SMP Kota Jambi
Supardi, Kepala Bidang Pembinaan SMP Kota Jambi / dok/metrojambi.com

JAMBI-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN kota Jambi akan dilakukan akhir Juni ini. Teknis PPDB tahun ini akan dilakukan secara daring (online).

Disampaikan Kepala Bidang Pembinaan SMP Kota Jambi Supardi, bahwa untuk PPDB SMPN di Kota Jambi akan dibuka 29 Juni hingga 3 Juli.

"Pengumuman kelulusannya akan dilakukan 8 Juli," kata Supardi.

Supardi menyebutkan, nantinya kemungkinan besar siswa akan mulai masuk proses belajar mengajar tahun ajaran baru pada 17 Juli. Kata Supardi, proses PPDB tahun ini akan dilakukan secara online.

Untuk teknis PPDB tahun ini ada sistem zonasi 70 persen, prestasi 10 persen, afirmasi 15 persen, dan orang tua pindah tugas 5 persen.

"Tapi kita akan akomodir juga masyarakat yang berada di perbatasan untuk masuk sekolah di Kota Jambi. Kuotanya 5 persen dalam jalur zonasi," katanya.

Lebih lanjut Supardi menjelaskan, teknis PBDB secara online murni dilakukan oleh pribadi masing-masing calon siswa. Ada website khusus yang disiapkan Dinas Pendidikan Kota Jambi.

"Calon siswa langsung daftar sendiri melalui web, tidak ada fasilitas yang disiapkan Disdik," imbuhnya.

Dijelaskan Supardi, syarat PPDB tahun ini yakni surat keterangan lulus (SKL), KK, KTP orang tua dan Akta Kelahiran. Semua berkas tersebut dikirim melalui web.

Supardi mengungkapkan, kuota PPDB SMPN Kota Jambi tahun ini lebih kurang 6 ribu. Sementara siswa SD di Kota Jambi yang tamat tahun ini ada lebih kurang 11 ribuan.

"Kita banyak sekolah swasta juga di Kota Jambi," pungkasnya.


Penulis: Nita Priyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments