Sabtu, 26 September 2020

Hukuman Dikurangi Jadi 1 Tahun, Diding Akhirnya Bebas dari Lapas Nusa Kambangan


Kamis, 12 Desember 2019 | 12:04:32 WIB


Diding saat ditangkap petugas kepolisian beberapa waktu lalu
Diding saat ditangkap petugas kepolisian beberapa waktu lalu / dok.metrojambi.com

 JAMBI - Didin alias Dinding, akhirnya dibebaskan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusa Kambangan. Dia dibebaskan setelah Peninjauan Kembali (PK) yang diajukannya diterima oleh Mahkamah Agung  (MA).

Kuasa hukum Dinding Abdul Hair mengatakan, setelah putusan PK itu diterima, pihaknya langsung mengurus administrasi pembebasan Diding ke Lapas Jambi, untuk diserahkan ke Lapas Nusa Kandangan.

"Hari Selasa kemarin kita mengurus surat (pemebesan, red) dan suratnya langsung kita kirim ke Lapas Nusa Kambangan," ujar Abdul Hair ketika dikonfirmasi, Kamis (12/12/2019).

Selanjutnya, kata Hair, Rabu (11/12/2019) kemarin Diding dibebaskan dari Lapas. "Hari ini, dia (Diding, red) sudah sampai di rumah di Jambi," tandasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Diding didakwa sebagai bandar narkoba. Oleh Pengadilan Negeri (PN) Jambi dia divonis 1 tahun penjara. Kemudian putusan kasasi, MA manaikkan hukuman Diding menjadi 10 tahun.

Tidak terima dengan putusan itu, Diding mengajukan PK. Hasilnya putusan PK membuat hukuman menjadi 1 tahun seperti yang dijatuhkan pengadilan tingkat pertama.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments