Sabtu, 11 Juli 2020

Dinkes Provinsi Jambi Imbau Masyarakat Tidak Khawatir Terkait Masker


Kamis, 05 Maret 2020 | 22:59:04 WIB


Samsiran Halim
Samsiran Halim / dok.metrojambi.com

JAMBI - Dinas Kesehatan Provinsi Jambi menghimbau masyarakat untuk tidak khawatir terkait stok masker yang menipis di Jambi.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, sebaiknya yang menggunakan masker tersebut masyarakat yang dalam kondisi tidak sehat saja,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, dr. Samsiran Halim di Jambi, Kamis.

Ia menerangkan, masyarakat yang dalam kondisi batuk dan pilek atau kondisi kesehatan-nya menurun yang sebaiknya menggunakan masker, tujuannya agar batuk dan pilek yang dialami tidak menyebar. Dan bagi masyarakat yang kondisi kesehatan-nya dalam kondisi baik tidak masalah jika tidak menggunakan masker.

Samsiran menjelaskan saat ini stok masker di Dinas Kesehatan Provinsi Jambi ada sekitar 400 ribu masker. Namun masker tersebut diprioritaskan bagi petugas dan tenaga medis, karena petugas dan tenaga medis perlu menjaga diri saat menjalankan tugas.

“Persediaan masker ini juga sebagai persiapan kita menghadapi kebakaran hutan dan lahan, mengingat prediksi dari BMKG kemarau akan kembali terjadi pada bulan Mei mendatang,” tambahnya.

Dinas Kesehatan Provinsi Jambi telah berupaya menambah persediaan masker melalui pemesanan di e-katalog. Namun ketersediaan masker tersebut yang tidak ada. Dimana berdasarkan keterangan yang diterima Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, selama tiga sampai empat bulan ke depan ketersediaan masker tersebut belum dapat dipastikan ada.

Namun, Samsiran memastikan untuk ketersediaan masker di fasilitas dan layanan kesehatan di Provinsi Jambi ada. Hanya saja masker-masker tersebut penggunaannya lebih diprioritaskan bagi petugas kesehatan dan tenaga medis.

Selain itu, sampai dengan saat ini belum ditemukan kasus COVID-19 di Provinsi Jambi. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Samsiran menyarankan agar masyarakat dapat menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Karena dengan PHBS, tidak hanya mampu menangkal COVID-19, namun dengan ber-PHBS juga dapat menangkal jenis-jenis penyakit lainnya.

“Itulah kenapa pentingnya PHBS, dengan PHBS kesehatan kita akan terjaga,” kata dr. Samsiran Halim.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments