Minggu, 12 Juli 2020

Terminal Alam Barajo Jambi Nihil Penumpang


Jumat, 15 Mei 2020 | 11:32:40 WIB


Terminal Alam Barajo
Terminal Alam Barajo / istimewa/RRI

JAMBI - Penumpang di Terminal Alam Barajo Kota Jambi sudah tidak ada atau nihil pen sejak aturan terkait larangan mudik di keluarkan Pemerintah Pusat.

“Di Terminal Alam Barajo sudah nihil penumpang, itu dibuktikan dengan sudah tidak ada penumpang yang dilakukan screaning oleh petugas di terminal tersebut,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi Saleh Ridho di Jambi, Kamis.

Dijelaskannya terkait dengan surat edaran dari Kepala BPBD Wilayah Jambi tentang aturan mudik tertanggal 27 April Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) sudah tidak melayani penumpang, baik yang masuk ke Kota Jambi maupun ke luar.

Selain itu, menindak lanjuti surat edaran tersebut, Dinas Perhubungan Kota Jambi turut melakukan pengetatan di perbatasan Kota Jambi. Jika terdapat angkutan yang masih membawa penumpang dan melanggar aturan, maka akan diperintahkan untuk putar balik.

“Namun, kita masih berkoordinasi dengan balai terkait angkutan yang melintas di Kota Jambi, contohnya angkutan dari Riau ke Palembang,” kata Saleh Ridho.

Sementara itu, untuk angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Dinas Perhubungan Kota Jambi berharap Dinas Perhubungan Provinsi Jambi mengeluarkan aturan untuk pengetatan AKDP tersebut, karena akan percuma jika pemerintah daerah melakukan pengetatan jika tidak diperkuat oleh aturan dari Pemerintah Provinsi.

“AKDP itu kewenangan Pemerintah Provinsi, kita berharap ada pengetatan yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Provinsi,” kata Saleh Ridho.

Begitu pula pengetatan terhadap AKDP yang menggunakan nomor kendaraan perseorangan atau plat hitam. Pasalnya masih banyaknya AKDP yang beroperasi menggunakan nomor kendaraan perseorangan atau plat hitam.

“Harusnya AKDP tersebut ditindak sesuai dengan peraturan Menteri Perhubungan nomor 25 tahun 2020 tentang Pengendalian transportasi selama masa mudik Idul Fitri 1441 hijriah dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 ini,” kata Saleh Ridho menjelaskan.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments