Minggu, 12 Juli 2020

Selain Penerbangan Reguler, Bandara Jambi Didarati Pesawat Carteran


Jumat, 15 Mei 2020 | 14:00:12 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Penerbangan ke Bandara Jambi selain melayani penerbangan reguler penumpang kriteria pengecualian juga sudah didarati pesawat carteran dari perusahaan yang beroperasi di Provinsi Jambi.

"Dari jumlah penumpang sudah mulai bergerak meningkat, juga maskapai penerbangannya yang beroperasi. Selain itu juga beberapa pesawat carteran," kata Eksekutif General Manager Bandara Sulthan Thaha Jambi M Hendra Irawan di Jambi, Jumat.

Ia menyebutkan maskapai penerbangan Garuda, Lion Air, Batik Air dan Citilink sudah menerbangi dari Jakarta ke Bandara Jambi dan sebaliknya.

"Masih dari Jakarta, belum ada rute ke daerah lain. Batam juga belum," katanya.

Ia menyebutkan pada Kamis (14/5) tiga maskapai penerbangan melayani jalur Jakarta Jambi dan sebaliknya.

Total jumlah penumpang kedatangan dari Jakarta ke Jambi sebanyak 50 orang, sedangkan dari Jambi ke Jakarta sebanyak 125 orang penumpang dengan kriteria pengecualian.

"Semua penumpang harus memenuhi kriteria pengecualian sesuai dengan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tentang Kriteria pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan COVID-19. Harus memenuhi persyaratan dan kriteria yang dibuktikan dengan dokumen yang diperiksa tim Gugus Tugas di Bandara," kata Hendra Irawan.

Selain itu, penerbangan pada Kamis (14/5) juga mengangkut sebanyak 8,7 ton cargo udara.

"Ya memang cargo udara cukup signifikan, dalam setiap penerbangan yang beroperasi," katanya lagi.

Sedangkan pesawat carteran yang mendarat di Bandara Jambi yakni Ersa Air yang mana prosedur yang diterapkan tetap sama seperti penumpang penerbangan dengan kriteria pengecualian.

Sementara itu untuk penerbangan ke Bandara Muara Bungo di Kabupaten Muaro Bungo Provinsi Jambi belum ada penerbangan.

"Belum ada penerbangan ke Bandara Bungo, sedangkan bandara sendiri tetap buka setiap hari kendati tidak ada penerbangan," kata Kepala Bandara Muaro Bungo Sigit Budiarto ketika dihubungi ANTARA dari Jambi.

Ia menyebutkan sebelumnya ke bandara itu ada penerbangan langsung Jakarta - Muara Bungo PP oleh maskapai penerbangan NAM Air, serta beberapa penerbangan rute jarak menengah yang dilayani oleh pesawat propeler atau baling-baling.

"Sejauh ini belum ada konfirmasi," kata Sigit menambahkan.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments