Sabtu, 11 Juli 2020

Fachrori Segera Upayakan Perbaikan Jalan Longsor di Tebo


Jumat, 05 Juni 2020 | 10:58:00 WIB


Gubernur Jambi Fachrori Umar melanjutkan meninjau ruas jalan provinsi di Desa Punti Kalo, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, dan ruas jalan nasional Lintas Tebo - Jambi
Gubernur Jambi Fachrori Umar melanjutkan meninjau ruas jalan provinsi di Desa Punti Kalo, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, dan ruas jalan nasional Lintas Tebo - Jambi / Rina/metrojambi.com

JAMBI - Usai menyalurkan bantuan sosial Jaring Pengaman Sosial (JPS) Covid-19 kepada masyarakat Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo, Gubernur Jambi Fachrori Umar melanjutkan meninjau ruas jalan provinsi di Desa Punti Kalo, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, dan ruas jalan nasional Lintas Tebo - Jambi, Kamis (4/6/2020).

Fachrori mengatakan akan segera mengupayakan perbaikan jalan yang longsor tersebut, untuk keperluan masyarakat.

"Kita tadi melihat bahwa ruas jalan provinsi tersebut kondisinya tidak cukup baik dan sangat membahayakan masyarakat yang melintas di jalan tersebut. Hal ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi untuk segera memperbaikinya karena untuk kepentingan masyarakat," bebernya.

Fachrori juga menjelaskan, Pemprov Jambi akan segera mengambil langkah-langkah terkait kerusakan ruas jalan provinsi tersebut, salah satunya melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat dalam hal ini Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V karena posisi ruas jalan di daerah Punti Kalo berada tepat di pinggir Sungai Batanghari yang merupakan kewenangan BWSS V.

"Ruas jalan yang mengalami longsor di daerah Punti Kalo tadi tepat berada di tepi Sungai Batanghari, sehingga kita akan segera melakukan koordinasi dengan BWSS V agar bisa membangun turab di pinggir sungai tersebut, karena memang itu kewenangan dari BWSS V," jelasnya.

"Pemprov Jambi akan segera memperbaiki ruas jalan yang rusak tersebut melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi. Saya akan menginstruksikan Kadis PUPR Provinsi Jambi untuk segera memperbaiki ruas jalan nasional yang rusak tersebut," lanjut Fachrori.

Oleh karenanya, Fachrori meminta kepada Bupati Tebo Sukandar untuk membuat laporan lebih rinci terkait ruas jalan Provinsi rusak yang ada di Kabupaten Tebo sehingga Pemprov Jambi bisa cepat menindaklanjutinya karena jalan merupakan kepentingan mendasar dan masyarakat sangat membutuhkan.

"Dalam memperbaiki ruas jalan longsor ini memang membutuhkan sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, sesuai dengan kewenangan masing masing. Semoga kita bisa mempercepat Langkah-langkah dalam memperbaiki ruas jalan yang longsor, untuk kepentingan masyarakat," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, jalan Provinsi tepatnya dijalan Padang Lamo Kecamatan Sumay Desa Punti Kalo nyaris putus disebabkan gerusan air sungai batanghari. Sehingganya membutuhkan perbaikan sesegera mungkin. Pasalnya jalan tersebut merupakan akses utama bagi masyarakat setempat.

Selain jalan yang nyaris putus tersebut, kondisi sepanjang jalan Padang Lamo juga memprihatinkan. Dengan terdapat berbagai lubang yang bahkan saat terjadinya hujan, lubang jalan tersebut membuat sulitnya kendaraan yang melintas.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments