Minggu, 28 November 2021

KPU Sarolangun Gelar Rakor Bahas Persiapan Pelantikan PPS

Sabtu, 06 Juni 2020 | 15:30:00 WIB


Rakor KPU bersama PPK se-Kabupaten Sarolangun
Rakor KPU bersama PPK se-Kabupaten Sarolangun / www.kpu-sarolangunkab.go.id

 

SAROLANGUN-KPU Sarolangun menggelar rapat koordinasi (Rakor) secara online bersama anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi 2020 non aktif, Jumat (5/6). Kegiatan ini diikuti komisioner, sekretaris, kasubbag KPU Sarolangun, dan PPK se-Kecamatan Sarolangun. 

Sejumlah agenda penting dibahas dalam rapat ini. Mulai dari pengaktifan kembali jabatan PPK karena pandemi Covid-19, juga sekaligus mempersiapkan jadwal pelantikan PPS Pilgub 2020 yang sebelumnya ditunda. 

 Dikutip dari laman resmi KPU, www.kpu-sarolangunkab.go.id, Ketua KPU Sarolangun, Muhammad Fakhri, meminta kepada anggota KPU untuk mendata ulang status PPS yang akan dilantik. 

Hal ini untuk memastikan kembali apakah anggota PPS masih memenuhi syarat untuk dilantik atau tidak. Anggota PPK juga diminta untuk memastikan riwayat kesehatan PPS untuk mengindari penyebaran kasus Covid-19. 

“PPK harus memantau kondisi terkini dari PPS terpilih yang akan dilantik. Apakah masih memenuhi syarat atau tidak. Termasuk juga kondisi kesehatan mereka. Apakah ada dari PPS tersebut yang menjadi ODP (Orang Dalam Pemantauan, ed) atau kasus-kasus covid-19 lainnya,” kata Fakhri kepada anggota PPK dalam laman resmi KPU tersebut.

Ibrahim selaku anggota KPU divisi sumber daya manusia (SDM) menginformasikan kepada PPK bahwa pelantikan PPS akan dilakukan dengan dua mekanisme yaitu secara langsung dan secara online. Hal tersebut tergantung kondisi dari masing-masing kecamatan.

“Mengingat kondisi terkini dari bencana Covid-19 ini proses pelantikan nantinya memiliki dua opsi yaitu secara langsung atau online. Hal tersebut tergantung kondisi kecamatan setempat sesuai dengan kasus Covid-19 di masing-masing kecamatan. Selain itu juga tergantung pada kondisi jaringan apakah memenuhi syarat untuk pelantikan secara online. Nanti setelah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Jambi, kita akan putuskan tata cara pelantikan PPS. Wajib dicatat bahwa pelantikan secara langsung harus melalui protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya. 


Penulis: *
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments