Selasa, 24 Mei 2022

Rektor Unja Setuju UKT Diturunkan

Kamis, 11 Juni 2020 | 14:31:09 WIB


Audiensi mahasiswa dengan Rektor Universitas Jambi (Unja)
Audiensi mahasiswa dengan Rektor Universitas Jambi (Unja) / Nita Priyanti/Metrojambi.com

JAMBI - Sejumlah perwakilan mahasiswa, Rabu (10/6/2020) kemarin, menggelar audiensi dengan Rektor Universitas Jambi (Unja), membahas sejumlah persoalan. Salah satunya mengenai uang kuliah tunggal (UKT) mahasiswa.

Belum lama ini, mahasiswa Unja juga menggelar aksi protes melaui media sosial, meminta agar UKT diturunkan. Tujuannya untuk meringakan beban orang tua para mahasiswa di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.

Hasil dari pertemuan tersebut, Rektor menyetujui untuk penurunan biaya UKT bagi para mahasiswa dan orang tuanya yang terdampak covid-19 secara langsung maupun tidak langsung.

"Yang langsung seperti positif Covid-19 atau meninggal karena covid-19. Yang tidak langsung itu yang penghasilannya terdampak Covid-19," ujar Wakil Ketua BEM Fakultas Pertanian Unja, Dadan Dwi Putra, yang juga ikut dalam pertemuan dengan Rektor Unja.

Selain itu, Dadan mengatakan mahasiswa juga akan mendapatkan subsidi kuota untuk penunjang kegiatan perkuliah secara daring. "Subsidi kuota juga akan diberikan saat kembali aktif kegiatan kuliah online untuk setiap bulannya serta akan dievaluasi setiap bulannya," katanya.

"Untuk kuota penurunan UKT tidak terbatas, bagi yang terdampak boleh mengajukan," tandasnya.

Untuk mekanisme penurunan UKT dan mendapatkan subsidi kuota saat ini sedang dalam pembahasan.

Kabag Humas Unja Akbar Kurnia juga mengatakan hal senada. " Iya benar, untuk mekanismenya nanti diinformasikan lagi," ujarnya.


Penulis: Nita Priyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments