Kamis, 1 Oktober 2020

Pentingnya Mengajarkan Kebersihan Pada Anak di Saat Pandemi Covid-19


Minggu, 21 Juni 2020 | 21:16:57 WIB


/

 Oleh: Reftika A *)

MENGAJARKAN arti kebersihan pada anak mungkin itu sangat penting. Bahkan mengajarkan segala hal tentang kebersihan merupakan bagian dari gaya pengasuhan. Biasanya, anak cenderung gemar bermain ‘kotor-kotoran’ seperti bermain pasir ataupun lumpur.

Nah, Apabila anda tidak mengajari anak anda akan kebersihan, anak kemungkinan gampang jatuh sakit sebab banyak kuman dan bakteri yang besarang pada si kecil. Terlebih pada masa pandemi covid-19 sangat penting bagi kita sebagai orang tua dalam mengajarkan kebersihan kepada anak agar dapat menghindari penularan dari covid-19 tersebut. 

Lagipula dengan menanamkan pentingnya nilai kebersihan yang kemudian menjadi sebuah kebiasaan, orang tua akan menghemat tenaga untuk selalu memperingatkan anak menjaga kebersihannya. Pasalnya, penanaman nilai kebersihan sejak dini akan membuat anak sadar untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan sekitarnya tanpa perlu diminta.

Ajarkan kepada anak gaya hidup sehat sejak dini, seperti mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun setelah bermain atau pun ketika akan makan. Hal tersebut akan dapat membantu kita dalam menerapkan gaya hidup sehat pada keluarga terutama pada anak.

Namun perlu diakui, membiasakan anak agar hidup sehat bukanlah tugas yang mudah. Disinilah tantangan bagi orang tua.  Anak belum bisa memilih secara mandiri makanan dan aktivitas seperti apa yang bisa berkontribusi baik pada kesehatannya, “tutur Psikolog Anak Citra Annisya, M.Psi.

Apa saja gaya hidup sehat yang penting diterapkan sejak dini?

Menjaga kebersihan diri

Menjaga kebersihan tak hanya soal mandi, gosok gigi dan cuci tangan. Tapi juga kesadaran anak untuk membereskan barang-barang setelah bermain atau kemauan cuci tangan dan kaki setelah bermain.


Makan sehat

Makanan yang bernutrisi tinggi sangat penting untuk dikonsumsi anak sehari-hari. Gizi yang lengkap akan memengaruhi tumbuh kembang anak.


Aktivitas fisik

Aktivitas fisik seperti olahraga atau bermain diluar ruangan perlu dilakukan secara rutin. Untuk anak usia 1-5 tahun, tapi ditengahpandemi covid-19 ada baiknya aktivitas fisik anak dilakukan dirumah saja meskipun ia bermain diluar ada baiknya kita meberapkan pshycal distancing agar anak terhindar dari penularan covid-19.


Aktivitas fisik agar anak sehat:

salah satu mewujudkan anak sehat adalah membuat si kecil jadi rajin bergerak. Beberapa hal dibawah ini bisa dilakukan:


Batasi waktu anak menikmati hiburan melalui tv, komputer, vidio game, atau gawai lainnya menjadi dua jam perhari. Berikan motivasi agar anakmau melakukan aktivitas fisik secara rutin seperti, bermain bola, bersepeda, berjalan, dan lain-lain.

Dorong anak untuk melakukan aktivitas fisik antara setengah jam hingga satu jam setiap harinya. Orang tua dan keluarga juga sebaiknya ikut berolahraga bersama.


Seimbangkan asupan kalori dengan aktivitas yang dilakukan.

Aktivitas fisisk sederhana juga bisa dilakukan guna mewujudkan keluarga sehat. Membersihkan rumah, mengajak jalan binatang peliharaan, dan berkebun adalah contoh kegiatan yang bagus untuk membakar kalori. Selain itu, bisa juga sekedar berjalan-jalan santai di taman, bermain sepeda, atau bermain petak umpet.

Selain berolahraga, jangan lupa untuk membiasakan anak banyak minum air putih, konsumsi sayur dan buah segar, serta menghindari makanan dan minuman yang mengandung banyak gula dan garam.


*) Penulis Mahasiswa UIN STS Jambi


Penulis: Reftika A
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments