Jumat, 10 Juli 2020

Semangat Gotong Royong, TNI dan Warga Bangun Jalan di Lokasi TMMD


Minggu, 28 Juni 2020 | 21:49:20 WIB


/ metrojambi.com

 JAMBI - Sebelum program TMMD resmi dibuka pada 30 Juni 2020 di Desa Labuhan Pering, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjab Timur, para prajurit abdi negara telah membangun kekompakan dan manunggal bersama aparatur pemerintahan dan masyarakat setempat.

‘’Anggota TNI dari Kodim 0419/Tanjab terus bekerja keras siang malam, tanpa mengenal lelah dan hari libur untuk mengejar target sebelum pembukaan TMMD dalam membangun jalan baru bersama masyarakat Desa Labuhan Pering,’’ ujar Dandim 0419/Tanjab, Letkol Inf Erwan Susanto SIP, kepada awak media, Minggu (28/06/20).

Dijelaskan Erwan, program TMMD yang akan dilaksanakan, selain untuk mengakselerasi pembangunan daerah juga menjadi wahana yang baik untuk menghidupkan kembali budaya gotong royong dalam kehidupan masyarakat dan memantabkan nilai-nilai kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Tentunya melalui program TMMD, nantinya diharapkan akan lebih efektif dalam membangkitkan kebersamaan dan semangat gotong royong masyarakat dalam menghadapi era global yang cenderung individualisme,” ungkap Erwan.

Apa yang diungkapkan Dandim tercermin dari aktifitas keseharian anggota Kodim disaat kegiatan pra TMMD, bergotong royong membangun jalan. Kebersamaan dan lemanunggalan TNI dengan warga masyarakat setempat tampak semakin nyata dan membumi.

‘’Kita berharap, anggota TNI dengan rakyat di lokasi TMMD tak terpisahkan, saling bantu dan bahu membahu. Keberadaan TNI dengan rakyat, tampak menyatu, ibarat ikan dengan air, yang tidak dapat dipisahkan," kata Erwan.

Seperti yang dilakukan salah satu anggota Koramil Nipah Panjang, Koptu Yusuf bersama anggota lainnya, usai melakukan pekerjaan fisik pembukaan jalan di lokasi yang akan dijadikan sasaran TMMD bersama warga, menyempatkan diri berbaur dan berkumpul dengan warga, ngobrol dan makan minum bersama.

“Disaat inilah kita bisa berbaur dengan masyarakat. Usai bekerja di lokasi bangun jalan baru bersama masyarakat, sambil makan bersama dan bersenda gurau menghilangkan lelah, kita membahas soal pekerjaan yang akan dilakukan. Antara anggota dan warga selalu kompak, seiring sejalan, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid -19,” jelas Erwan.

Erwan mengatakan jika saat ini anggota dan warga bahu membahu bekerja menyelesaikan pekerjaan jalan sesuai target. “Kita harus bekerja sama dan bergotong royong, hingga pekerjaan ini selesai pada waktunya,” pungkasnya. (*)


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments