Jumat, 10 Juli 2020

Dana Haji di Dishub Provinsi Jambi Jadi Silpa


Senin, 29 Juni 2020 | 11:04:57 WIB


Varial Adhi Putra, Kepala Dishub Provinsi Jambi
Varial Adhi Putra, Kepala Dishub Provinsi Jambi / dok / Metrojambi.com

JAMBI - Pembatalan keberangkatan calon haji di Provinsi Jambi juga berdampak pada temuan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) di Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi.

"Secara otomatis dana haji yang ada di kita juga kita batalkan, dan ini sudah kita laporkan ke Sekda," ujar Kepala Dishub Provinsi Jambi Varial Adhi Putra, Senin (29/6/2020).

Anggaran untuk keberangkatan haji tersebut, kata Varial, akan diserahkan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan dibahas. "Kalau ada perubahan nanti akan dibahas mau dialikan atau bagaiman kita belum tahu," kata Varial.

Varial menyebutkan, untuk dana keberangkatan calon haji yang ada di Dishub Provinsi Jambi sendiri sebesar Rp 17 miliar yang digunakan untuk angkatan haji jalur darat dan udara.

"Dari daratnya untuk penggunaan bus dari asrama haji ke bandara, dan jalur udaranya dari bandara Jambi ke bandara Batam," sebutnya.

Untuk diketahui, setidaknya ada 2.909 calon jamaah haji asal Provinsi Jambi yang mau tak mau mengurungkan niatnya. Ini setelah adanya kebijakan yang dikeluarkan Kementerian Agama RI Nomor 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Pemberangkatan Jemaah Haji Pada Tahun 1441 H/ 2020 M. Mereka ini, akan diberangkatkan pada 2021 mendatang

Sementara untuk Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) yang sudah disetorkan, akan disimpan di Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments