Jumat, 10 Juli 2020

DPRD Provinsi Jambi akan Bentuk Pansus Penyelesaian Aset


Selasa, 30 Juni 2020 | 11:42:23 WIB


Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Rocky Candra
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Rocky Candra / Istimewa

JAMBI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi saat ini tengah mempersiapkan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) untuk menindaklanjuti persoalan aset yang dikelola pihak ketiga yang tak kunjung terselesaikan.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Rocky Candra mengatakan bahwa pembentukan pansus tersebut untuk penyelesaian aset yang dimiliki Pemprov Jambi perlu diperjelas kepengendalian dan keuntungannya itu, akan di bentuk pada bulan Juli mendatang.

Sehingganya, diharapkan persoalan ini dapat diselesaikan dengan baik. "Memang harus ada keputusan politik yang diambil untuk pembentukan pansus, sekarang dinamikanya sedang berjalan," ujarnya, Selasa (30/6/2020).

Dalam pembentukan pansus terkait Build Operate Transfer (BOT) Provinsi Jambi ini, kata Rocky juga di dukung oleh beberapa fraksi di DPRD Provinsi Jambi. Mudah-mudahan nanti ada fraksi lain lagi yang menyatakan sikap untuk mendukung dalam pembentukan pansus tersebut.

"Karena memang banyak aset yang perlu kita buka terang benderang, siapa pemegangnya, siapa yang mengontraknya, apakah menguntungkan masyarakat provinsi Jambi atau hanya beberapa orang saja," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, beberapa anggota dewan DPRD Provinsi Jambi telah membahas hal tersebut bersama Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) dan Pemprov Jambi untuk penyerahan berkas. Dari hasil pertemuan itu, ada persoalan seperti berkas yang masih belum lengkap sehingga harus diperbaiki.

Aset tersebut salah satunya yakni dengan PT Jambi Sapta Manunggal Pratama, selaku pihak ketiga yang membangun Jambi Business Center (JBC). Kemudian, tidak adanya Detail Engineering Design (DED) revisi.

Selain itu, DPRD Provinsi Jambi juga mempertanyakan proses pembangunan JBC di simpang Mayang, Kota Jambi. Pasalnya bangunan tersebut belum memiliki izin Analisis Dampak Lingkungan Lalu Lintas (Amdal Lalin) sebagai syarat berdirinya infrastruktur.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments