Rabu, 12 Agustus 2020

Perpustakaan Daerah di Tebo Sepi Pengunjung


Kamis, 02 Juli 2020 | 16:34:16 WIB


Ilustrasi Perpustakaan
Ilustrasi Perpustakaan / Istimewa

MUARATEBO - Perpustakaan daerah Kabupaten Tebo yang terletak di depan Taman Tanggo Rajo, Kelurahan Pasar Muara Tebo, Kecamatan Tebo Tengah, terlihat sepi pengunjung.

Meskipun perpustakaan saat ini telah memiliki koleksi sebanyak 10.999, yang terdiri dari 4.685 judul, namun tidak juga bisa meningkatkan minat baca masyarakat Tebo.

Salah seorang pegawai perpustakaan Sri Hastuti mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai cara dan kegiatan untuk menarik minat baca masyarakat, namun tetap saja perpustakaan sepi pengunjung.

“Kami sudah melakukan berbagai upaya, bahkan menjemput bola dengan mendatangi sekolahan. Namun tetap saja sepi pengunjung. Masalahnya mungkin minat baca yang kurang,” kata Sri, Kamis (2/7/2020).

Sri juga menyebutkan bahwa dari hasil survey kenapa perpustakaan sepi dikunjungi, ternyata ditemukan pengaruh internet sehingga masyarakat lebih hobi membaca di handphone.

"Dari hasil survey kami, ternyata masyarakat lebih hobi membaca di HP dengan membuka internet, sehingga menyurutkan keinginan untuk datang ke perpustakaan, padahal lebih konkrit membaca buku daripada di internet karena jelas sumbernya dan diakui," pungkasnya.


Penulis: Suci
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments