Jumat, 7 Agustus 2020

Bawaslu Tunggu Putusan Pemerintah Soal Opsi Pilkada Susulan


Senin, 30 Maret 2020 | 11:35:59 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunda empat tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Kini muncul beberapa opsi apabila wabah Covid-19 tidak segera berakhir, maka Pilda akan tetap dilaksanakan dengan SOP, kedua pemilihan susulan dan pemilihan lanjutan.

Terkait hal ini, Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi Fahrul Rozi mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu putusan dari pemerintah dan DPR.

“Ini tentu harus dengan mekanisme dan prosedur ketatanegaraan," ujarnya, Senin (30/3/2020).

Pria yang akrab dengan panggilan Paul itu juga mengatakan, selain menunggu putusan pemerintah pihaknya sendiri sedang menyiapkan beberapa rencana atau planning. “Termasuk apabila Pilkada tetap di laksanakan sesuai tahapan yang ada.

“Tapi harus ada semacam aturan tambahan terhadap jajaran pengawas dan kita rekomendasikan ke jajaran KPU," jelasnya.

Kemudian skenario Pilkada lanjutan maupun Pilkada susulan bagi daerah yang tidak memungkinkan digelar Pilkada. Namun kedua opsi itu masih perlu didiskusikan dengan KPU, DKPP, DPR dan Pemerintah.

“Susulan apabila ada seluruh tahapan Pilkada tidak bisa dilanjutkan di sebagian daerah. Tentu pemetaan daerah ini akan menjadi modal untuk dibicarakan bersama antara Bawaslu, KPU, DKPP, pemerintah dan DPR," sebutnya.

Namun apabila opsi Pilkada lanjutan dan Susulan dipilih, maka ada beberapa aturan harus disesuaikan dan dibahas bersama DPR. "Bawaslu sudah menyurati KPU untuk mengingatkan hal in,” pungkasnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments