Jumat, 7 Agustus 2020

Keuangan Membaik, PT JII Jalin Kerjasama dengan PT Lemang


Selasa, 07 Juli 2020 | 11:51:19 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI - Kondisi keuangan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yakni PT Jambi Indonesia Internasional (JII) berangsur-angsur mulai membaik, meski sebelumnya dinilai selalu merugi dan belum pernah memberikan keuntungan bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi. Hal ini pun sesuai dengan target awal pembangkitan kembali PT tersebut.

Plt Direktur utama PT JII Akhmad Bastari menyampaikan sejak tahun 2011 hingga 2019, modal dalam PT ini habis digerus oleh operasional, sehingganya pemasukan lebih sedikit dibandingkan pengeluaran. Oleh karena itu, dirinya ditugaskan untuk menyehatkan kembali kondisi keuangan PT itu.

"Kalau sekarang Alhamdulillah, sudah mulai sehat. Modal tidak tergerus lagi tapi sudah ada untung," tuturnya, Selasa (7/7/2020).

Pria yang juga menjabat sebagai staf ahli Gubernur ini mengatakan, Kondisi yang membaik tersebut setelah dilakukannya pengurangan karyawan sampai dengan pengeluaran biaya operational.

"Supaya lebih efisien. Bahkan JII sekarang sudah mulai melakukan kerjasama-kerjasama untuk menambah kontribusi," sebut Bastari.

Kerjasama yang tengah berjalan, lanjut Akhmad, seperti kerjasama dengan PT Lemang di Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar). Dikatakannya bahwa nanti keuntungannya bisa memberikan kontribusi 10 persen. "Tapi ini masih menunggu penandatanganan (MoU) di Jakarta," ujarnya.

Bentuk kerjasama lainnya berupa sambungan jaringan gas ke rumah-rumah warga di sepanjang jalan yang kini sedang berjalan di kawasan Muaro Jambi dan Kota Jambi. "Itu juga akan di kelola PT.JII, dan kontribusinya nanti di hitung oleh pusat berapa persen untuk masuk ke JII, " sampai Akhmad.

Sayangnya, setelah kondisi keuangan yang mulai membaik itu namun gaji untuk Direktur dengan Komisaris tidak ada. "Gaji nya tidak ada, gaji Lilahi Ta'ala, saja," pungkasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments