Rabu, 12 Agustus 2020

15 Calon Haji Jambi Ajukan Pengembalian Setoran BIPIH


Jumat, 10 Juli 2020 | 11:07:43 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Sejak diputuskannya pembatalan pemberangkatan haji oleh pemerintah pusat pada 2 Juni lalu, kini sudah ada 15 orang calon haji di Provinsi Jambi yang mengajukan pengembalian setoran Biaya Pelunasan Ibadah Haji (BIPIH).

Kabid Haji Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jambi Abdullah Saman mengatakan, 15 orang tersebut berasal dari Kabupaten Sarolangun 5 orang, Merangin 6 orang, Tebo 3 orang dan Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) 1 orang.

"Permintaan pengembalian BIPIH itu rata-rata alasannya karena perekonomian keluarga. Mungkin mau dipakai untuk biaya anak sekolah terlebih dulu dan sebagainya," sampai pria yang akrab disapa Saman ini, Jumat (10/7/2020).

Dengan diajukannya pengembalian setoran pelunasan itu, jamaah haji yang tertunda keberangkatannya di tahun 2020 ini masih bisa melanjutkan ditahun depan. Pasalnya, untuk setoran awal tidak diambil.

"Setoran awal 25.000.000, pelunasan untuk embarkasi BTH 8.083.602. Jadi total BIPIH Rp.33.083.602. Kalau hanya mengambil biaya pelunasannya saja yang sekitar 8 jutaan itu bisa dilanjutkan di tahun depan. Itu namanya jamaah haji lunas tunda," jelasnya.

Ditanyakan apakah ditahun depan akan dibuka kembali kuota keberangkatan haji atau masih melanjutkan jamaah yang tertunda keberangkatannya ditahun ini saja, Saman menyebut pihaknya masih menunggu informasi lebihlanjut dari pusat nantinya.

"Yang jelas (tahun depan, red) kita mengutamakan kuota jamaah tahun ini dulu," ujarnya.

Selain perihal BIPIH, Saman juga menyampaikan bahwa adanya puluhan pelimbahan nomor porsi jamaah haji. Artinya apabila ada orang tuanya yang akan berangkat haji, namun sebelum keberangkatan yang bersangkutan meninggal dunia atau sedang sakit yang tidak sembuh-sembuh, maka akan digantikan oleh ahli warisnya.

"Ada sekitar 40 an orang (pelimpahan nomor porsi), belum tahu terbaru apakah ada tambahan lagi," pungkasnya.

Kuota jamaah haji Provinsi Jambi tahun 2020 ini sebanyak 2.909 orang (reguler). Dan yang telah melakukan pelunasan BIPIH sendiri adalah 2.888 orang atau sekitar 99,28 persen.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments