Rabu, 12 Agustus 2020

Jelang Kunjungan Wasev TMMD, Satgas Siapkan Tarian Sekapur Sirih


Minggu, 12 Juli 2020 | 10:35:41 WIB


/ Istimewa

Kuala Tungkal - Tari Sekapur Sirih adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Jambi. Tarian ini termasuk jenis tarian penyambutan yang biasanya dibawakan oleh para penari wanita. 

Sekapur sirih sendiri merupakan salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal di daerah Jambi dan biasanya ditampilkan untuk menyambut kedatangan tamu terhormat yang berkunjung.

Dengan alunan musik pengiring, para penari dengan gerakannya yang lemah lembut membawakan cerano sebagai tanda persembahan.

Hal tersebut dikatakan Pasiter Satgas TMMD ke 108 Kodim 0419/Tanjab Kapten Inf Safri Napitulu, Sabtu (11/7/2020) saat menyaksikan anak - anak latihan tarian sekapur sirih di Posko Satgas TMMD Desa Labuhan Pering dalam rangka menyambut kunjungan Tim Wasev TMMD yang direncanakan tiba tanggal 15 Juli mendatang. 

Nampak anggota Satgas TMMD Regtas ke-108 Kodim 0419/Tanjab Tahun 2020 gencar memberikan semangat kepad anak-anak yang sedang berlatih menari dengan tetap berpedoman pada himbauan pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan mencegah virus corona dan tetap menggunakan masker.

"Anggota Satgas TMMD menyemangati anak-anak perempuan, Desa Labuhan Pering, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjab Timur saat berlatih tarian sekapur sirih di Posko Satgas TMMD," ungkapnya.

"Anak-anak ini nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa. Mereka hidup di tengah era teknologi yang semakin modern. Namun budaya tradiasional harus tetap dipertahankan dan mereka tampak ceria bermain, bergurau dan menari," katanya.

“Keceriaan anak-anak itu muncul berkat adanya program TMMD Reg ke-108 Kodim 0419/Tanjab yang masuk ke desa," ujar Safri.

Dengan hadirnya TMMD di tengah masyarakat Labuhan Pering, suasana kegembiraan tidak hanya dirasakan orang-orang dewasa saja. Namun anak-anak pun ikut merasakan dari kehadiran program TMMD. 

“Hubungan antara TNI dengan warga dan anak-anak setempat terus terjalin dengan baik, harmonis dan semakin akrab layaknya seperti keluarga,” katanya lagi. 


Penulis: (*)
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments