Rabu, 12 Agustus 2020

Anggaran Hanya Rp 9 Miliar, Paket PSU di Dinas PUPR Provinsi Belum Tender


Senin, 13 Juli 2020 | 11:26:10 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Paket pelaksanaan pekerjaan prasarana, sarana dan jtilitas (PSU) atau pekerjaan jalan lingkungan di perumahan disektor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi belum selesai ditender di UKPBJ Jambi. Hal inipun dinilai tak berjalan maksimal hanya dengan anggaran Rp 9 miliar.

Kepala Bidang Perumahan Dinas PUPR Provinsi Jambi Wasis Sudibyo mengatakan, anggaran PSU di bidangnya hanya Rp 9 miliar dan belum ada yang teken kontrak.

"Saat ini sedang proses lelang dulu, kendalanya ya itu, memang sedang lelang dulu," ujarnya, Senin (13/7/2020).

Wasis tak menampik bahwa PSU ini akan dilakukan pekerjaan pembangunan jalan untuk rumah swadaya. Meskipun hanya sedikit persentase jalan lingkungan yang didapat tahun ini. "Pekerjaan kota ada di enam perumahan, pekerjaannya jalan coran," sebut Wasis.

Ditanya berapa target PSU yang harus dicapai pihaknya hingga RPJMD 2016-2021, Wasis tidak menjawab. Namun dia mengatakan pihaknya akan meminta tambahan alokasi untuk PSU ini pada APBD 2021 mendatang.

"Setidaknya akan diminta 42 miliar untuk menyelesaikan target PSU pada RPJMD periode ini," bebernya.

Sementara itu, sebelumnya anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi yang juga mengetuai Pansus tiga bidang pembangunan Wartono Triyan Kusumo mengatakan, persentase lingkungan layak huni (PSU) tak mencapai target karena kurangnya anggaran pada bidang ini. Selain itu ada juga pekerjaan yang tak sesuai target pelaksananaan yang pembayarannya ditunda.

Untuk itu Wartono menyebut pihaknya meminta bidang perumahan mengusulkan penambahan anggaran sesuai target PSU sesuai RPJMD 2016 hingga 2021.

"Yang yerpenting juga kita minta bidang perumahan mengevaluasi kinerja perusahaan yang berkontrak pada bidang perumahan sehingga sesuai target rencana," pungkasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments