Rabu, 12 Agustus 2020

Kejari Sarolangun Musnahkan 20,1 Kg Ganja


Kamis, 16 Juli 2020 | 16:38:52 WIB


Pemusnahan BB di Halaman Kantor Kejari Sarolangun.
Pemusnahan BB di Halaman Kantor Kejari Sarolangun. / cr6/metrojambi.com

SAROLANGUN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sarolangun kembali melakukan pemusnahan sejumlah Barang Bukti (BB) hasil dari putusan 35 perkara yang telah incraht. Diantara BB yang dimusnahkan yakni 20,1 kilogram ganja.

Bertempat di Halaman Kantor Kejari Sarolangun, Kamis (16/7), pemusnahan sejumlah BB ini dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Sarolangun, Bobby Ruswin yang didampingi oleh Waka Polres Sarolangun, Ketua Pengadilan Negeri Sarolangun dan beberapa pejabat dari instansi terkait.

Dalam kegiatan ini, beberapa BB juga turut dimusnahkan oleh Kejari Sarolangun. Diantaranya, Senjata Api (Senpi) rakitan, sabu-sabu hingga beberapa unit Senjata Tajam (Sajam).

“Tadi beberapa BB yang kita musnahkan yakni Ganja sebanyak 20,1 kilogram, satu unit Senpi rakitan dengan 3 butir amunisi. Jadi kasusnya Senpi ini tanpa izin. Kemudian ada sabu-sabu dan beberapa Sajam, seperti satu celurit dan 3 bilah pisau garpu,” terang Kasi BB dan BR Kejari Sarolangun, Dodi Jauhari kepada Metrojambi.com.

Lanjut Dodi, dalam kegiatan ini pihaknya juga turut memusnahkan ribuan botol jamu pegal linu ilegal hasil putusan kasus jamu ilegal oleh Rudi Reno.

“Jadi kasus ini temuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Untuk jumlah BB nya sebanyak 200 dus lebih atau 3052 botol,” ujarnya.

Pemusnahan BB ini sendiri dilakukan dengan cara dibakar dan dihancurkan menggunakan alat berat. “Kegiatan ini sebagai bentuk eksekusi atau pelaksanaan terhadap putusan pengadilan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap, serta pengamanan dan mencegah terjadinya penyalahgunaan BB yang terdapat di kantor Kejari Sarolangun,” tuntasnya.


Penulis: cr6
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments