Selasa, 19 Oktober 2021

Hadirkan Empat Timses, Tim Pengabdian FH Unja dan Metrojambi.com Gelar Diskusi Pilkada Tanpa Politik Uang 

Rabu, 22 Juli 2020 | 14:37:23 WIB


/ Istimewa

JAMBI - Tim PPM Fakultas Hukum Universitas Jambi (FH Unja) bekerja sama dengan Metrojambi.com kembali menginisiasi sebuah gerakan anti politik uang dalam Pilkada Jambi 2020. Dalam diskusi keempat ini menghadirkan narasumber para tim sukses bakal calon gubernur untuk sama-sama berkomitmen menolak politik uang.

Hadir dalam forum diskusi Jefri Bintara Pardede tim sukses Fachrori Umar, Nasroel Yasier tim sukses Syarif Fasha, Hasan Mabruri tim sukses Al Haris, dan Cik Asari Syafei tim sukses Cek Endra, serta Apnizal Komisioner KPU Provinsi dan Fahrul Rozi Bawaslu Provinsi Jambi.

Webkusi dilaksanakan Selasa, 21 Juli 2020, selama dua jam mulai pukul 09.30 sampai dengan 11.30 WIB menggunakan aplikasi zoom dengan tema “Pilkada Tanpa Politik Uang”.

GM Metro Jambi Heri Novealdi menjelaskan bahwa gerakan anti politik uang ini sangat penting terus disuarakan.

"Dan kami di media juga punya tanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat. Webkusi ini adalah salah satu bentuk peran kami media dalam mengedukasi masyarakat tentang bahaya politik uang,“ ujar Herri.

Ketua Tim Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) FH Unja Mochammad Farisi yang juga menjadi moderator webkusi menjelaskan, pihaknya memiliki tugas Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu; pengajaran, penelitian, dan pengabdian.

"Karena saat ini momen menjelang pilkada, maka kami melaksanakan PPM dengan tema 'Gerakan Anti Politik Uang' melalui forum diskusi dan sosialisasi daring  selama masa pandemi Covid-19," kata Farisi.

Tema ini diambil karena berdasarkan IKP Pilkada 2020 yang dikeluarkan oleh Bawaslu, praktik politik uang masih menjadi ancaman dalam mewujudkan demokrasi yang berkualitas. Untuk itu perlu sebuah gerakan yang massif untuk mengkampanyekan anti politik uang.

"Dalam sesi keempat ini, kenapa tim sukses kita hadirkan, karena kalau 'ring 1' calon gubernur sudah komitmen bersih maka yakin tidak ada praktek politik uang, supply dan demand kita hilangkan, disastu sisi masyarakat terus diedukasi untuk menolak dan berani melaporkan," ujar Farisi.

Kesimpulan diskusi, masing-masing timses calon gubernur menyatakan komitmen yang tinggi untuk bersama menolak segala bentuk praktek politik uang dan berusaha mewujudkan demokrasi yang jujur, bersih dan bermartabat. Jalannya diskusi dapat disaksikan di youtube Metrojambidigital. 


Penulis: (*)
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments