Kamis, 26 November 2020

Koperasi dan UMKM di Jambi akan Terima Dana Pemulihan


Jumat, 24 Juli 2020 | 14:47:55 WIB


ilustrasi
ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Pemerintah pusat menggelontorkan dana Rp 1 triliun untuk aktivitas koperasi dan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM). Dana tersebut akan segera disalurkan guna melaksanakan roda perekonomian di masa pandemi Covid-19, termasuk di Provinsi Jambi.

Terdapat ribuan koperasi dan UMKM di Provinsi Jambi terdampak Covid-19 yang akan mendapat situmulus dana pemulihan dari pemerintah tersebut. Dana ini berupa pinjaman kredit dengan subsidi bunga rendah yang bersumber dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Kecil Menegah (LPDB-KUMKM).

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) provinsi Jambi Sudirman mengatakan berdasarkan arahan Presiden RI Joko Widodo bahwa sangat diharapkan agar aktivitas ekonomi tetap berjalan meski ditengah pandemi Covid-19.

"Jadi kita tidak boleh lagi hanya fokus masalah penanganan Covid. Tapi pergerakan ekonomi juga harus dilakukan," ujarnya, Jumat (24/7/2020).

Sementara itu, merujuk data di Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jambi saat ini terdapat sekitar 3.262 Koperasi. Koperasi yang terdampak umumnya mereka yang bergerak menyentuh langsung ke prekonomian masyarakat.

Kepala Bidang Perizinan dan Kelembagaan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jambi Ilyas mengatakan, persyaratan bagi Koperasi yang akan mengajukan bantuan dana LPDB ini antara lain, syarat utamanya adalah koperasi aktif dan sudah melaksanakan rapat anggota tahunan selama dua kali atau selama tahun.

"Dalam kondisi koperasi ini positif (aktif)," ujarnya.

Sedangkan untuk pengusulan proposal, Ilyas menyebut bisa langsung diajukan oleh koperasi ke LPDB, maupun melalui Koperasi Kabupaten/kota hingga provinsi.

"Besaran bantuan pinjaman yang akan diterima, tergantung dengan permintaan dan kondisi koperasi berdasarkan penilaian PPDB. Jadi kadang koperasi mengajukan 2 miliar, bisa dikasi lebih atau lebih dari itu," pungkasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments