Jumat, 2 Oktober 2020

Partai Baru Tak Diminati, Headline Harian Pagi Metrojambi Edisi Kamis 19 Juli 2018

Didiskulifikasi dari Peserta Pileg 2019

Kamis, 19 Juli 2018 | 10:11:49 WIB


/

JAMBI – Sejumlah partai baru yang menjadi peserta pemilu di Provinsi Jambi didiskulifikasi dari kepesertaan Pemilu 2019, pada sejumlah kabupaten/kota. Ini karena, partai-partai yang baru seumur jagung itu tak mendaftar ke KPU hingga batas akhir pendaftaran, Selasa 17/7/18) pukul 24.00 WIB.

Untuk DPRD Provinsi Jambi, seluruh partai mendaftar. Total ada 494 orang Caleg laki-laki dan perempuan 250 orang, dengan persentase bakal caleg perempuan sebesar 33,6 persen. Untuk DPRD Kota Jambi, ada 15 Parpol minus PKPI.

Komisioner KPU Kota Jambi, Hazairin mengatakan, berkas PKPI ditolak karena tidak lengkap. Sebelumnya, ia menyebut, pihaknya sudah memberi kesempatan untuk melengkapi berkas tersebut, tetapi hingga batas waktu berakhir PKPI tidak mampu melengkapi berkas. “Salah satunya form B3 soal fakta integritas,” singkatnya.

Sementara di Kerinci, dari 16 partai peserta Pemilu 2019, hanya 13 yang mendaftar. Sementara tiga lainnya tidak datang ke KPU hingga batas akhir pendaftaran. Partai itu yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda).

Sementara satu partai lain yakni partai lama, namun tak memiliki Caleg untuk didaftarakan. Partai itu adalah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Selengkapnnya baca di harian pagi Metrojambi


Penulis: (pia/cai/ndi/acm/lea/chy/sdp/nng/hin/ria)
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments