Rabu, 25 November 2020

Polisi Amankan Pelaku Pembakaran Lahan di Tanjabbar


Senin, 03 Agustus 2020 | 09:31:01 WIB


/ metrojambi.com

KUALATUNGKAL - Seorang petani bernama Suhaimi (40), warga Parit Jawa, Dusun Perdana, RT 03 Desa Pantai Gading, Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), diamankan pihak kepolisian karena diduga telah melakukan pembakaran lahan.

Informasi yang diperoleh metrojambi.com, diamankannya Suhaimi merupakan hasil dari tidak lanjut atas Laporan Subsatgas Udara yang menemukan adanya fire spot di Desa Pantai Gading, Kecamatan Bram Itam. Suhaimi sendiri diamankan Rabu (29/7/2020) lalu sekira pukul 10.00 WIB.

Selanjutnya tim Porles Tanjabbar melakukan ground check dan olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran lahan milik masyarakat yang diketahui terjadi pada hari Selasa tanggal 28 Juli 2020 sekira pukul 16.00 WIB, dan melakukan police line.

Dari olah TKP diketahui lahan tersebut merupakan milik Sajali (43), petani warga RT 012 Desa Bram Itam Kanan, Kecamatan Bram Itam, dan milik Dedek (35), warga Jalan Obat Nyamuk, Kelurahan Tungkal Harapan,  Kecamatan Tungkal Ilir, dengan total keseluruhan lahan yang terbakar 2 hektare.

Diketahui, lahan yang dibakar tersebut diduga akan dijadikan lokasi pembangunan petak sawah. Selain itu, polisi juga sudah melakukan permintaan keterangan terhadap pemilik lahan dan pekerja atas nama Sajali, Arbain, Yunus, Yani, Rigo Fachrur, Junaidi, dan Suhaimi.

Dalam hal ini, pelaku dikenakan pasal 308 jo pasal 56 ayat (1) Undang-Undang Nomor 39 tahun 2014 tentang perkebunan atau pasal 188 KUHP.

Terkait hal itu, Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro membenarkan jika telah melakukan penangkapan terhadap tersangka.

"Tunggu rilis Kapolda," ujarnya, Senin (3/8/2020).


Penulis: Eko
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments