Jumat, 25 September 2020

Realisasi Investasi di Provinsi Jambi Triwulan II Capai Rp 1,12 Triliun


Kamis, 06 Agustus 2020 | 11:15:12 WIB


Imron Rosyadi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jambi
Imron Rosyadi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jambi / Istimewa

JAMBI - Realisasi investasi di Provinsi Jambi pada Triwulan II tahun 2020 ini mencapai Rp 1,12 triliun, terdiri dari sumbangan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA). Namun, capaian realisasi tersebut dinilai menurun akibat pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jambi Imron Rosyadi mengatakan dari jumlah tersebut, terdiri dari Rp 952 miliar PMDN.

"Untuk PMDN tren investasi pada bidang usaha tanaman pangan perkebunan, ternak dan industrimakanan mengalami peningkatan," ujarnya, Kamis (6/8/2020).

Sementara itu, untuk PMA menyumbangkan sebesar Rp 175 miliar dengan tren bidang usahanya seperti transportasi, gudang dan telekomunikasi, industri makanan dan jasa lainnya,yang sektor PMA ini paling banyak berada di Kota Jambi. Sedangkan untuk rekapan persemester, Imron mengatakan nilai persemesternya lebih rendah dibandingkan angka pada 2019 lalu.

"Untuk semester tahun ini Rp 2,244 triliun, lebih rendah dibanding tahun lalu sebesar Rp 2,290 triliun," ujarnya.

Penurunan investasi ini, diakui Imron dikarenakan adanya pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap capaian realisasi. Adapun target investasi pada 2020 ini sendiri yakni, Rp 5,2 triliun seperti yang ditargetkan pada Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD).


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments