Jumat, 18 September 2020

Gunung Kerinci Masih Ditutup, Pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Ditiadakan


Kamis, 06 Agustus 2020 | 16:28:11 WIB


/ Istimewa

KERINCI - Tahun ini dipastikan tidak ada prosesi pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Kerinci. Padahal biasanya, setiap 17 Agustus ada ribuan pendaki yang merayakan hari kemerdekaan di puncak tertinggi tertinggi di Sumatera ini.

Kepala Seksi Pengawasan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) Wilayah I Kerinci, Nurhamidi
mengatakan, jika dua kategori pendakian yakni pendakian umum dan khusus masih belum diperbolehkan, karena pandemi Covid19 masih melanda.

Nurhamidi menyebutkan biasanya pada momentum peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tahun-tahun sebelumnya, tercatat hingga ribuan orang mendaki gunung tertinggi di Sumatera tersebut.

"Kegiatan pendakian 17 Agustus dipastikan tidak ada karena pendakian umum belum diizinkan. Jadi pengibaran bendera cukup di bawah saja," sebutnya.

Selain Gunung Kerinci, lanjut Nurhamidi pendakian gunung tujuh juga belum dibuka untuk umum. "Gunung Tujuh juga belum dibuka," ungkapnya.

Sementara itu, Dudung Petugas Pemantau Gunung Kerinci R10 juga mengatakan sejak dikeluarkannya surat edaran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dan dari Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat beberapa waktu bulan yang lalu terkait penutupan wisata alam di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, dikarenakan pandemi virus corona sampai saat ini masih belum dibuka untuk umum.

"Iya sampai saat ini dua wisata alam yang dikelola oleh TNKS belum dibuka untuk umum," sebutnya.

Untuk pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung pada 17 Agustus atau HUT RI tahun ini kemungkinan besar tidak ada.

"Tapi seandainya di buka kembali akan kami kabari secepatnya baik melalui media sosial yakni Facebook, Instagram, WA maupun medsos lainnya," pungkasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Herri Novealdi



comments