Sabtu, 24 Oktober 2020

Belajar Daring SMKN 1 Penyesuaian Semester Lalu


Senin, 10 Agustus 2020 | 14:13:23 WIB


Hasudungan Tambunan
Hasudungan Tambunan / dok.metrojambi.com

JAMBI - Kegiatan belajar mengajar di jenjang SMA/SMK sederajat di Provinsi Jambi masih dilaksanakan secara daring, karena hingga kini pandemi Covid-19 masih terus meningkat. Hal tersebut sesuai keputusan pemerintah dan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi.

Meskipun belajar mengajar secara daring sama seperti semester lalu, namun para guru tetap diwajibkan datang ke sekolah. Seperti yang diberlakukan di SMK Negeri 1 Kota Jambi.

“Rata-rata guru di sini mengajar di kelas masing-masing, meskipun tidak ada siswanya, selain lebih kondusif dan juga menghindari kerumunan orang,” ujar Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Hasudungan Tambunan.

Menurutnya, sejauh ini pembelajaran secara daring menyesuaikan dan melanjutkan pembelajaran pada semester lalu. “Kalau semester kemarin agak sedikit susah ya, tapi kalau sekarang hanya tinggal penyesuaiannya saja,” jelasnya.

Dikatakannya, kegiatan belajar secara daring ada kendala yang mendasar yaitu tidak adanya fasilitas untuk menunjang kegiatan belajar secara daring tersebut.

“Kendala yang mendasar itu, siswa tidak mempunyai fasilitas android. Makanya bagi yang tidak mempunyai android bisa pergi ke rumah temannya yang mempunyai android,” katanya.

“Di sini kan yang tidak bolehnya berkerumun banyak orang, tapi kalau belajarnya cuman berdua tidak apa-apa dan satu ponsel untuk dua orang rasanya tidak masalah. Di sini (SMKN 1, red) kita anjurkan seperti itu,” jelasnya.

Tambunan menyebutkan, bahwa kegiatan belajar secara daring tidak semaksimal belajar secara tatap muka. “Maksimal atau tidaknya belajar daring, tentu tidak semaksimal ketika belajar tatap muka,” ungkapnya.

Menurutnya hal tersebut karena keterbatasan antara guru dan siswa. “Anak kadang ada stresnya, atau karena penjelasan dari guru kurang,” katanya.


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments