Jumat, 2 Oktober 2020

Seleksi Calon Sekda Provinsi Jambi Masuki Tahap Penilaian Akhir


Selasa, 11 Agustus 2020 | 13:56:46 WIB


Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Pahari
Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Pahari / istimewa

JAMBI - Tiga nama peserta dalam tahapan akhir lelang terbuka jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi saat ini sudah masuk ke tim penilai akhir di pusat dan tengah diproses.

Tiga nama yang tersisa tersebut yakni Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Jambi Sudirman, yang sudah dipercaya tiga kali menjadi Penjabat sementara Sekda.

Kemudian Agus Sunaryo yang merupakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jambi, serta Sri Argunaini yang kini menjabat Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pahari mengatakan pihaknya belum mengetahui apakah bulan Agustus atau September nanti nama Sekda akan diputuskan oleh tim penilai untuk diserahkan ke Presiden RI.

"Yang jelas sekarang sedang berproses di Jakarta," ujarnya, Selasa (11/8/2020).

Proses di pusat sendiri, menurut Pahari akan berlanjut bila ada rapat yang dilakukan oleh Sekretariat Negara (Sekneg) dengan tim penilai akhir. "Tim penilai akhir dibentuk dari unsur Sekneg dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)," jelasnya.

Pahari berharap, semoga saja proses di pusat segera selesai. Ini agar Provinsi Jambi memiliki Sekda yang definitif. "Kalau cepat dibahas di pusat maka akan cepat surat itu diteken Presiden," ujarnya.

Ditanya apakah ada hak Gubernur menunjuk Sekda yang akan ditetapkan, Pahari menyebut hasil akhir diputuskan oleh tim penilai berdasarkan hasil seleksi daerah. "Keputusan terakhir menjadi milik Presiden menentukan Sekda Jambi," akunya.

Untuk jabatan Sekda Provinsi Jambi sendiri kosong setelah sepeninggalan Sekda M Dianto pada 7 Januari 2020 lalu. Dianto kala itu, lebih memilih untuk mengabdi menjadi Widyaiswara Utama di BPSDM Provinsi Jambi.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments