Jumat, 18 September 2020

Kemarau Diprediksi Berakhir di Dasarian III September


Rabu, 12 Agustus 2020 | 12:13:05 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Thaha Jambi merilis prakiraan curah dan sifat hujan di Provinsi Jambi selama tiga bulan ke depan, terhitung September hingga November 2020.

Kepala BMKG Sultan Thaha Jambi Ibnu Sulistyono menyampaikan, untuk prakiraan curah hujan di bulan September, Provinsi Jambi diprakirakan akan memperoleh curah hujan pada kategori menengah (100-300 mm/bulan).

Untuk prakiraan sifat hujan September, sebagian wilayah provinsi Jambi, akan berada pada kategori normal hingga atas normal, kecuali di sebagian kecil Kabupaten Batanghari bagian selatan dan sebagian kecil Kabupaten Muaro Jambi bagian selatan diprakirakan berada pada kategori bawah normal.

"Istilah prakiraan bawah normal jika nilai curah hujan kurang dari 85 persen terhadap rata-ratanya," ujar Ibnu, Rabu (12/8/2020).

Selanjutnya, untuk prakiraan curah hujan Oktober akan memperoleh curah hujan pada kategori menengah (100-300 mm/bulan), kecuali sebagian kecil Merangin bagian utara dan sebagian kecil Bungo bagian selatan diprakirakan akan mendapat curah hujan dengan kategori tinggi (300-400 mm/bulan).

Prakiraan sifat hujan Oktober sebagian besar wilayah Provinsi Jambi diprakirakan akan berada pada kategori normal hingga atas normal kecuali di sebagian kecil Batanghari bagian timur dan sebagian kecil Kota Jambi bagian selatan diprakirakan berada pada kategori bawah normal.

Sedangkan pakiraan curah hujan November sebagian besar wilayah Provinsi Jambi bagian timur diprakirakan akan memperoleh curah hujanpara kategori menengah (100-300 mm/bulan), sedangkan di wilayah Provinsi Jambi bagian barat diprakirakan mendapat curah hujan denagn kategori tinggi (300-500 mm/bulan).

Sifat hujan November sebagian besar wilayah provinsi Jambi diprakirakan akan berada pada kategori normal hingga atas normal kecuali di sebagian kecil Batanghari bagian timur diprakirakan berada pada kategori bawah normal.

Ibnu juga menyampaikan update cuaca di perairan timur Jambi dan sekitarnya pada hari ini, untuk kondisi sinoptik rendahnya kelembaban udara serta kecepatan angin yang relatif kencang di wilayah mengakibatkan potensi pembentukan awan hujan menjadi berkurang.

"Kalau untuk peralihan musim kemarau ke penghujan di wilayah Provinsi Jambi dalam draft prakirakan musim hujan mulai terjadi pada Dasarian III bulan September," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments