Jumat, 18 September 2020

Disdik Provinsi Usulkan Pembangunan Gedung Sekolah Baru


Rabu, 12 Agustus 2020 | 12:16:38 WIB


Kepala Bidang (Kabid) SMA Disdik Provinsi Jambi, Misrinadi
Kepala Bidang (Kabid) SMA Disdik Provinsi Jambi, Misrinadi / Istimewa

JAMBI - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi mengusulkan beberapa rencana pembangunan gedung sekolah baru bagi tingkatan SMA/SMK sederajat. Hal ini dilakukan menyusul adanya berbagai polemik yang sering terjadi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Banyaknya peminat namun tak sesuai kemampuan yang dimiliki sekolah menjadi alasan masih adanya peluang untuk menambah ruangan (gedung, red) baru tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) SMA Disdik Provinsi Jambi Misrinadi mengatakan usulan sekolah baru (USB) untuk tahun 2021 mendatang.

"Pemprov Jambi mengusulkan USB di tahun 2021 dan 100 ruang kelas baru (RKB) dengan kapasitas 3.600 orang siswa/siswi baru di Kota Jambi," ujarnya, Rabu (12/8/2020).

Ditambahkannya, RKB tersebut juga merupakan usulan daripada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi Edi Purwanto ketika melaksanakan reses. Dimana rencananya akan dibangun di dua wilayah.

"Jadi rencananya di Kota Jambi, satu di wilayah Simpang Rimbo dan satu lagi di pasar Jambi," terangnya.

Selain di dua wilayah itu, Misrinadi mengatakan pihaknya juga akan menerima USB SMA/SMK Negeri di wilayah Kabupaten Muaro Jambi. "Itu direncanakan dan diusulkan juga ke pusat untuk dikawasan Kasang Pudak," ujarnya.

Kendati demikian, perhatian itu juga tidak luput daripada peningkatan bagi kualitas sekolah SMA/SMK swasta karena menjadi pilihan bagi orang tua wali murid ketika anak mereka tidak lolos di SMA Negeri.

"Swasta juga ikut berkontribusi untuk daerah, tapi masalahnya mutu sekolah itu diarahakan lebih ke peningkatan mutu dan kualitas, dan sebenarnya banyak juga sekolah swasta yang mampu bersaing dengan sekolah negeri," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments