Jumat, 18 September 2020

Empat Tersangka Pencabulan di Bukit Suban Lakukan Cuci Kampung, Tiga Ekor Kambing Disiapkan


Kamis, 13 Agustus 2020 | 12:04:27 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

KUALATUNGKAL - Empat tersangka kasus pencabulan terhadap tiga remaja di tempat wisata Bukit Suban, Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), juga dikenakan hukum adat berupa cuci kampung dengan tiga ekor kambing.

Keempat tersangka tersebut yakni, YM (20), DG (19), NN (19), dan JF (17), yang ditangkap Senin (10/8/2020) lalu. Keempat tersangka saat ini ditahan di Mapolres Tanjabar.

Sekretaris Desa Suban, Rustam mengatakan, sebelumnya keempat tersangka menyerahkan diri ke Mapolres Tanjabar. Rustam mengaku ikut mengantarkan langsung keempat tersangka ke Mapolres Tanjabbar.

"Kita dari pihak desa ikut mendampingi. Awaknya kita ke Polsek Tungkal Ulu, namun diminta ke Polres karena kasusnya sudah dilimpahkan ke Polres," ujar Rustam, Kamis (13/8/2020).

Rustam menyebutkan, dalam kasus ini keempat pelaku juga sudah melakukan cuci kampung, sesuai dengan hasil musyawarah adat.

"Pertemuan adat itu ada, jadi ada musyawarah secara kekeluargaan, secara adat. Itu sudah damai. Waktu itu yang hadir masing-masing orang tua pelaku dan korban," kata Rustam.

Hasil keputusan adat, pihak pelaku diminta untuk melakukan cuci kampung. Adapun untuk melakukan cuci kampung, keempat pelaku dikenakan kewajiban untuk mencuci kampung dengan tiga ekor kambing.

"Yang terakhir kemarin memutuskan untuk putusan adat cuci kampung, sehingga dikenakan tiga ekor kambing. Itu untuk semuanya pelaku," sebut Rustam.

Dengan tiga ekor kambing tersebut, Rustam mengatakan akan dilakukan cuci kampung terhadap tiga desa, yakni Desa Suban, Sungai Badar, dan Dusun Kebun.

"Karena inikan mencemarkan tiga desa, maka tiga kambing itu dibagikan ketiga desa," tandasnya.


Penulis: Eko Siswono
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments