Jumat, 5 Maret 2021

Atasi Kendala Belajar Daring, SMPN 19 Kota Jambi Siapkan Tiga Pilihan Pembelajaran


Rabu, 12 Agustus 2020 | 17:28:13 WIB


Nanang Sunarya
Nanang Sunarya / dok.metrojambi.com

JAMBI – Proses pembelajaran secara daring untuk sekolah di Kota Jambi merupakan cara untuk tetap melanjutkan kegiatan belajar mengajar di sekolah, namun tidak berinteraksi langsung dengan cara tatap muka.

Selain bisa diakses kapan saja, namun belajar daring juga memiliki kendala, yang saat ini dialami sejumlah sekolah. Salah satu kendala tersebut, yakni siswa tidak memiliki fasilitas android atau ponsel sendiri yang bisa dipergunakan saat pembelajaran dilakukan secara daring.

Ini seperti yang terjadi di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 19 Kota Jambi. Kepala SMPN 19 Kota Jambi, Nanang Sunarya mengatakan, masih ada ada siswa yang tidak bisa mengikuti pembelajaran secara daring.

“Karena siswa ada yang belum punya fasilitas untuk mengikuti pembelajaran secara daring,” ujarnya.

Terkait hal ini, Nanang mengatakan pihak sekolah tetap berusaha untuk melakukan berbagai upaya agar pembelajaran tetap berjalan, dengan memberikan beberapa pilihan.

“Kita sudah menyiapkan tiga opsi, yaitu orang tua menjemput materi atau tugas yang harus dikerjakan siswa di sekolah. Siswa menggunakan perangkat komputer dan jaringan wifi sekolah di laboratorium komputer. Serta, siswa belajar tatap muka,” paparnya.

Dikatakan Nanang, opsi tersebut merupakan yang disiapkan pihak sekolah. Untuk keputusannya masih menunggu dari Dinas Pendidikan Kota Jambi, karena saat ini masih dijadwalkan belajar dari rumah.

Dikatakannya lagi, siswa yang tidak mempunyai fasilitas tersebut berusaha untuk belajar tetap berjalan. “Ada siswa yang berusaha memberdayakan android teman atau tetangganya hanya untuk menerima informasi apa yang harus dilakukan, terus siswa mengerjakannya manual,” pungkasnya.


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments