Kamis, 4 Maret 2021

Program Literasi di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi Tetap Berjalan di Tengah Pandemi


Jumat, 14 Agustus 2020 | 14:30:51 WIB


/ metrojambi.com

 JAMBI - Setelah lebih kurang satu bulan belajar secara tatap muka di sekolah, saat ini siswa kembali dirumahkan atau belajar dari rumah (BDR). Meski demikian, program literasi di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi juga berjalan.

Untuk diketahui, program literasi di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi memberlakukan membaca selama 15 menit sebelum memulai pelajaran.

Lewat lrogram literasi tersebut, siswa diwajibkan untuk membaca buku dan membuat rangkuman dari apa yang dibacanya pada buku khusus. Buku tersebut harus ditandatangani oleh guru yang mengajar pada jam pertama sebagai bentuk kontrol dari kegiatan literasi.

"Dengan siswa kembali belajar di rumah, bukan berarti program literasi tidak berjalan. Program literasi tetap dapat berjalan dengan cara mewajibkan siswa membaca buku di rumah. Para siswa diharuskan meminjam sebuah buku bacaan di perpustakaan sekolah," kata Kepala SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi, Aldi Mawardi.

"Nah, selama belajar di rumah siswa harus bisa menyelesaikan membaca buku tersebut selama dua minggu," ujarnya menambahkan.

Dikatakannya lagi, buku literasi harus dikembalikan ke perpustaan sekolah untuk ditukar dengan buku yang lain.

"Supaya tidak menjadi menjadi beban bagi siswa maka sekolah memberikan kebebasan kepada siswa untuk kapan waktu membacanya, yang penting buku itu selesai dibaca sampai tamat dalam waktu meksimal dua minggu," ujar Aldi.

"Setelah dua minggu buku itu dikembalikan lagi ke perpustakaan sekolah dan menggantinya dengan buku yang lain lagi," imbuhnya.

Kegiatan literasi ini tentu saja membutuhkan dukungan dan ketersediaan buku bacaan. Jika tidak maka siswa akan merasa bosan dengan membaca buku yang sama.

Terkait hal tersebut pihak sekolah berupaya menambah koleksi buku yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Aldi mengatakan ada tiga cara yang dilakukan untuk menambah koleksi buku di perpustakaan sekolah.

Yang pertama dengan cara membeli buku untuk koleksi di perpustakaan sekolah. Kedua, mengajukan pinjaman ke perpustakaan Kota Jambi dan Provinsi Jambi. Yang ketiga, dengan mendapat sumbangan buku dari pihak lain," ungkapnya.

Sementara itu, dalam memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi akan mengadakan lomba menulis puisi dan lomba menulis sinopsis buku dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-75.

"Karena terkendala dengan Covid-19, kegiatan tersebut akan dilakukan secara online pada 18 dan 19 Agustus. Setiap kelas juga diwajibkan sebagai perwakilan mengikuti lomba tersebut," kata Aldi.

Lomba tersebut diharapkan semakin meningkatnya minat membaca dan menulis di kalangan siswa SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi. "Sehingga menambah wawasan siswa dan mampu membentuk watak dan kepribadiannya," tuturnya.


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments