Sabtu, 27 Februari 2021

KPU Provinsi Jambi Imbau Warga Cek DPT


Kamis, 20 Agustus 2020 | 18:12:54 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi mengimbau masyarakat di daerah itu untuk melakukan pengecekan terhadap daftar pemilih tetap (DPT) agar dapat berpartisipasi pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020. “Proses pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih pada 13 Agustus kemarin telah dilaksanakan, kami imbau agar masyarakat dapat melakukan pengecekan DPT di link lindungihakpilihmu.kpu.go.id,” kata Ketua KPU Provinsi Jambi Subhan di Jambi, Rabu.

Dengan selesainya proses coklit, saat ini tengah dilaksanakan rekapitulasi data pemilih di tingkat desa dan kelurahan. Dia mengimbau warga untuk melakukan pengecekan DPT pada link lindungihakpilihmu.kpu.go.ig untuk memastikan masyarakat terdaftar dalam DPT. Jika tidak terdaftar dalam DPT, maka masyarakat diimbau untuk melapor ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa dan kelurahan agar dapat dimasukkan dalam DPT. “Kita harap masyarakat antusias untuk berpartisipasi dalam pemilihan kepala daerah meski masih dalam pandemi Covid-19,” kata Subhan.

Dengan selesainya proses coklit, saat ini KPU di daerah itu tengah melakukan persiapan terkait tahapan pendaftaran bakal calon kepala daerah ke KPU. Dia menambahkan, dalam proses pendaftaran bakal calon kepala daerah di KPU akan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Sesuai dengan yang telah diatur dalam PKPU nomor 6 tahun 2020 tentang Pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan atau wali kota dan wakil wali kota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non-alam corona virus disease 2019 (Covid-19).

“Bakal calon kepala daerah yang akan mendaftar diwajibkan memakai masker, saat memasuki ruangan akan diukur suhu tubuh dan berkas-berkas akan disemprot desinfektan,” kata Subhan. Selain itu, yang akan memasuki ruangan pendaftaran turut dibatasi karena yang diperkenankan masuk hanya calon kepala daerah dan wakil, partai pendukung terdiri dari ketua dan sekretaris, Bawaslu dan beberapa rekan media. 

Dimana pendaftaran bakal calon kepala daerah tersebut akan dilaksanakan dari tanggal 4-6 september 2020. 


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments