Sabtu, 24 Oktober 2020

Bupati Kerinci Dinilai Biarkan Aktivitas Galian C Ilegal Beroperasi


Rabu, 09 September 2020 | 16:34:19 WIB


Aktivitas galian C ilegal
Aktivitas galian C ilegal / Dedi/metrojambi.com

KERINCI – Aktivitas galian C ilegal kembali marak di Kabupaten Kerinci. Selain merusak lingkungan, aktivitas galian C ilegal tersebut juga menyebabkan jalan rusak, sehingga membahayakan bagi warga yang melintas.

Informasi yang diperoleh metrojambi.com, aktivitas galian C tersebut ada di wilayah Kayu Aro, Gunung Kerinci, Batang Merangin, dan Gunung Raya. Bahkan ada yang berdekatan dengan jalan raya dan kantor Polsek.

Namun sayangnya, aktivitas galian C ilegal ini seakan tidak mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah serta aparat penegak hukum. Akibatnya, sejumlah lokasi aktivitas galian C baru kini juga bermunculan.

“Aktivitas galian C ilegal ini sudah bertahun-tahun beroperasi di Kerinci tanpa ada tindakan dari Pemkab Kerinci maupun aparat penegak hukum. Bupati Kerinci harus tegas, jangan cuma diam saja,” ujar Eri, salah seorang warga Kerinci.

Eri bahkan menyebutkan, di Siulak Deras, Kecamatan Gunung Kerinci dan di Sungai Hangat, Kecamatan Gunung Raya, aktivitas galian C berada tepat di pinggir jalan.

“Galian C di Gunung Kerinci itu beroperasi tepat di pinggir jalan besar yang sering dilalui warga. Sewaktu-waktu galian C ini bisa longsor dan menutupi ruas jalan dan menerjang pengendara yang melintasi jalan tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Kerinci hari ini, Rabu (9/9/2020), juga menggelar aksi damai di depan kantor bupati kerinci. Dalam aksinya, PP menuntut agar aktivitas galian C ilegal yang ada di Kerinci untuk ditutup karena telah merusak lingkungan dan mencemari air sungai.

“Kami meminta Pemerintah Kabupaten Kerinci untuk bertindak tegas kepada pelaku galian C ilegal. Jangan tebang pilih,” ujar Harmo Karimi dalam orasinya.

Ia juga mengatakan jika Bupati Kerinci Adirozal selama ini telah melakukan pembiaran terhadap aktivitas galian C ilegal. “Mundur saja kalau tidak bisa menindak tegas galian C ilegal yang ada di Kabupaten Kerinci,” tegasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments