Jumat, 7 Mei 2021

Atasi Pengangguran di Tanjabbar, Muklis Siapkan Program 1.000 Wirausaha


Kamis, 10 September 2020 | 13:35:33 WIB


Bakal calon Bupati Tanjabbar, Muklis
Bakal calon Bupati Tanjabbar, Muklis / Eko/Metrojambi.com

KUALATUNGKAL - Masalah pengangguran menjadi permasalahan bagi setiap daerah, tidak terkecuali Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar). Mengatasi masalah pengangguran ini, perlu adanya terobosan dari pemerintah daerah.

"Mengatasi persoalan pengangguran kita perlu adanya terobosan. Makanya kita akan siapkan program 1.000 wirausaha," kata bakal calon Bupati Tanjabbar, Muklis kepada awak media, Kamis (10/9/2020).

Dikatakan Muklis, dari 1.000 orang itu nantinya diharapkan dapat memunculkan 1.000 wirausaha lainnya. Menurut Muklis, ini bisa mengatasi persoalan-persoalan pengangguran.

"Kalau 1.000 akan berlipat jadi ini bisa menekan angka pengangguran," ujarnya.

Mantan pejabat di Kementerian Desa dan Daerah Tertingal itu menyebutkan, pendidikan baik itu SMA, SMK hingga perguruan tinggi itu hanya menunda pengangguran. Program wirausaha ini diharapkan misa mewadahi para generasi muda dan pengangguran.

"Setelah mereka tamat, mereka butuh pekerjaan. Jadi kita siapkan untuk wirausaha," ucapnya.

Untuk bidang pendidikan sendiri, Muklis mengatakan akan ada program beasiswa untuk para mahasiswa, dan pendidik lainnya. "Kapasitas harus ditambah," ujarnya.

Dikatakannya lagi, pembangunan infrastruktur juga harus menjadi perhatian. Menurutnya, perlu adanya skala prioritas dalam pembangunan infrastruktur.

"Ada prioritas, ada yang tidak di prioritaskan itu harus di pilah untuk pemerataan pembangunan di bidang infrastruktur,"ucapnya.

Sedangkan untuk desa nantinya akan di petakan mana desa yang membutuhkan pembangunan infrastruktur, mana yang membutuhkan pembangunan SDM dan mana yang membutuhkan pembangunan ekonomi.

"Jadi semua harus di lihat dan dipetakan sehingga pembangunan dari desa bisa merata," tandasnya.


Penulis: Eko Siswono
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments