Sabtu, 24 Oktober 2020

SKB CPNS Kemenag Secara Virtual Dimulai, Muhamad: SKB Ini Benar-benar Murni


Selasa, 15 September 2020 | 11:25:05 WIB


 Kepala Kanwil Kemenag provinsi Jambi Muhamad saat mengecek langsung perangkat dan petugas monitoring SKB CPNS
Kepala Kanwil Kemenag provinsi Jambi Muhamad saat mengecek langsung perangkat dan petugas monitoring SKB CPNS / Rina/metrojambi.com

JAMBI - Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Agama (Kemenag) formasi tahun 2019 telah mulai dilaksanakan Senin (14/9/2020) kemarin.

Pelaksanaan SKB di Provinsi Jambi sebanyak 12 titik lokasi yang tersebar di 11 kabupaten/ kota, dan akan berlangsung hingga tanggal 22 September mendatang.

SKB dilaksanakan dalam tiga tahapan, yakni praktik kerja dimulai tanggal 14-17 September, lalu psikotest tanggal 18 September, dan wawancara tanggal 19-22 September.

Kepala Kanwil Kemenag Jambi, Muhamad mengatakan, pelaksanaan SKB ini pertama dilakukan secara virtual. Dirinya juga memantau langsung untuk memastikan ketersediaan perangkat maupun jaringan internet yang ada mampu mendukungan pelaksanaan SKB.

"Saya lihat tadi baik itu perangkat maupun jaringan internet berjalan lancar. Mudah-mudahan hingga hari terakhir pelaksanaan tidak ada kendala," ujarnya.

Muhamad mengingatkan kepada seluruh peserta yang mengikuti SKB untuk yakin dengan kemampuan yang dimiliki dan tidak mempercayakan kepada orang lain terlebih dalam mengikuti SKB.

"Pelaksanaan SKB ini benar-benar murni, tidak ada hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan siapapun, kelulusan peserta tergantung dari kemampuan masing-masing, jangan percaya bagi sesiapapun yang bisa membantu agar lulus," tegasnya.

Menurut Muhamad, hal yang menjadi penting adalah bagaimana baik itu panitia, penguji maupun peserta sama-sama berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan SKB ini benar-benar murni, sehingga berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

"Kepada para penguji, terus saya ingatkan untuk terus menjaga komitmen serta integritasnya dalam pelaksanaan SKB ini," pintanya.

Untuk peserta yang mengikuti ujian SKB di satuan kerja Kemenag Provinsi Jambi berjumlah 323 peserta dengan rincian sebanyak 137 peserta yang mengikuti ujian untuk formasi Kanwil Kemenag Jambi, sedangkan 186 peserta mengikuti ujian diluar formasi Kanwil Kemenag Jambi.

Sebelumnya, Kepala Subbag Kepegawaian dan Hukum Kanwil Kemenag provinsi Jambi M Thoif merincikan, Kanwil Kemenag provinsi Jambi jumlah pesertanya 101 orang, UIN STS Jambi 74 orang, IAIN Kerinci di Sungai Penuh 20 orang, Kemenag Kerinci 61 orang, Kemenag Sarolangun 7 orang, Kemenag Merangin 14 orang.

Kemudian Kemenag Bungo 11 orang, Kemenag Tebo 7 orang, Kemenag Batanghari 9 orang, Kemenag Muaro Jambi 8 orang, Kemenag Tanjung Jabung Barat 9 orang dan Kemenag Tanjung Jabung Timur 2 orang.

Sementara itu, Thoif menyebut, untuk formasi Kanwil yang ujian diluar provinsi Jambi sebanyak 14 orang. Terdiri dari Bengkulu 1 orang, Riau 1 orang, Sumatera Barat 6 orang, Sumatera Selatan 3 orang dan Sumatera Utara 3 orang.

"SKB ini berbasis daring (Virtual)" tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments