Rabu, 19 Januari 2022

Provinsi Jambi Peroleh Bantuan 4.500 Rumah

Kamis, 17 September 2020 | 12:02:07 WIB


/ istimewa

JAMBI - Pemerintah provinsi (Pemprov) Jambi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersinergi dengan pemerintah pusat terus berupaya maksimal dalam penyelenggaraan pembangunan perumahan yang layak huni, serta sejahtera bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Gubernur Jambi, Fachrori Umar dalam Peringatan Hari Perumahan Nasional Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2020, di Desa Tangkit Kecamatan Sungai Gelam  Kabupaten Muaro Jambi, Rabu (16/9/2020).

Sebelumnya, gubernur meletakkan batu pertama bedah rumah bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi dalam rangka Hari Ulang Tahun Perumahan Nasional ke-13 tahun 2020. Dua rumah mendapat bantuan bedah rumah, di Talang Bakung Kota Jambi dan di Desa Tangkit Kabupaten Muaro Jambi.

Fachrori menjelaskan, kendala utama yang dihadapi masyarakat dalam penyediaan perumahan yang layak huni pada umumnya adalah keterjangkauan pembiayaan rumah.

"Di lain pihak, kredit pemilikan rumah dari perbankan memerlukan berbagai persyaratan yang tidak setiap pihak dapat memperolehnya dengan mudah, serta suku bunga yang tidak murah. Pesatnya pertumbuhan penduduk tidak sebanding dengan penyediaan sarana perumahan, menyebabkan permasalahan semakin pelik dan serius. Untuk itu, Pemprov Jambi berkewajiban memberikan akses kepada masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut Fahrori mengungkapkan, permasalahan pembangunan perumahan di Provinsi Jambi tidak jauh dengan permasalahan nasional, yaitu tingginya angka Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan kekurangan jumlah rumah (backlog).

"Sampai dengan tahun 2019, jumlah RTLH lebih dari 34 ribu unit, sedangkan kebutuhan rumah Provinsi Jambi mencapai 30 ribu unit," sampainya.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi, M Fauzi menyampaikan, Dinas PUPR Provinsi Jambi secara maksimal terus berusaha mendorong program-program peningkatan kualitas maupun pembangunan baru rumah layak huni bagi masyarakat.

"Tahun 2020 ini Pemprov Jambi mendapatkan 4.500 rumah dari program BSPS. Untuk Kabupaten Muaro Jambi  mendapatkan 945 rumah dan di Desa Tangkit mendapatkan 75 rumah. Tahun ini, dari APBD Provinsi Jambi dilakukan bedah rumah di Kabupaten Muaro Jambi dan Kota Jambi, serta bantuan stimulan berupa uang tunai sejumlah Rp 17.500.000," tandasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments