Sabtu, 24 Oktober 2020

Muaro Jambi Persiapkan Pemekaran Empat Desa Baru


Kamis, 17 September 2020 | 16:58:13 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / istimewa

SENGETI – Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi saat ini tengah mempersiapkan pemekaran empat desa baru yang tersebar di beberapa kecamatan. Keempat desa yang akan dimekarkan yakni Ladang Panjang, Kasang Pudak, Sungai Gelam, dan Pondok Meja.

“Untuk Desa Ladang Panjang dalam waktu dekat akan disiapkan Peraturan Bupati nya. Secara dokumen dan administrasi sudah baik,” ujar kepala Dinas PMD Kabupaten Muaro Jambi, Raden Najmi, Kamis (17/9/2020).

Sementara itu tiga desa, Kasang Pudak, Sungai Gelam, dan Pondok Meja, Najmi mengatakan sejauh ini masih terkendala dengan tapal batas.

Dikatakannya lagi, untuk pemekaran desa persiapan ada beberapa kriteria. Seperti Desa Kasang Pudak berdasarkan jumlah jiwa dan Sungai Gelam berdasarkan jumlah jiwa, sedangkan Desa Pondok Meja berdasarkan Kepala Keluarga (KK).

“Untuk melakukan pemekaran desa baru harus memiliki persyaratan seperti penduduknya minimal 4.000 jiwa antara desa induk dan desa persiapan. Sedangkan berdasarkan jumlah KK minimal memiliki 800 KK antara desa induk dan desa persiapan,” ujarnya.

Saat ini jumlah desa yang ada di Kabupaten Muaro Jambi sebanyak 150 desa. Jika pemekaran terealisasi, maka desa di Muaro Jambi nanti akan menjadi 154.


Penulis: Sudir Putra
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments