Sabtu, 24 Oktober 2020

Pengumuman Dukungan untuk Pilgub Jambi Ditunda, Edi Purwanto: Rekomendasi Sudah Ada, Tinggal Diumumkan


Selasa, 11 Agustus 2020 | 16:44:15 WIB


Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi, Edi Purwanto
Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi, Edi Purwanto / metrojambi.com

JAMBI - Partai Demokrasi Indonesia Petjuangan (PDIP) hari ini, Selasa (11/8/2020), seyogyanya akan mengumumkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jambi yang akan diusung dan didukung pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 9 Desember 2020 mendatang, namun ditunda.

Berdasarkan surat yang didapat metrojambi.com, penundaan pengumuman ini berdasar surat DPP PDIP bernomor 1855, perihal pemberitahuan penundaan penyampaian rekomendasi yang ditujukan kepada DPD PDIP di tiga daeerah Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Jambi dan Ptovinsi Kalimantan Utara.

Surat tertanggal 10 Agustus 2020 ini ditandatangani langsung oleh Ketua Bambang Wuryanto dan Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto.

Dalam surat itu disebutkan penundaan berdasarkan pertimbangan strategis di dalam menggunakan momentum politik dan sekaligus mengingat bahwa kedudukan gubernur dan wakil gubernur sangat penting, maka gubernur dan wakil gubernur melekat asa dekosentrasi sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah.

Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi Edi Purwanto saat dikonfirmasi mengatakan, seyogyanya dukungan untuk Pilgub Jambi memang akan diumumkan hari ini. Namun belakangan, kata Edi, ada surat susulan berisikan pemberitahuan jika pengumuman tersebut ditunda.

Lantas kapan dukungan untuk Pilgub Jambi akan disampaikan? Edi mengatakan dukungan akan diumumkan pekan depan. “yang jelas pekan depan,” ujar Edi.

Ditambahkan Edi, rekomendasi untuk Pilgub Jambi sebenarnya sudah ada, tinggal diumumkan. Namun ia belum bersedia menyebutkan kepada siapa dukungan PDIP diberikan.

“Pokoknya itu lah. Sudah ada,” kata Edi.

Disinggung apakah dukungan akan diberikan kepada kader murni PDIP, Edi tidak memberikan jawaban tegas. Edi hanya memastikan jika PDIP mengusung kader untuk Pilgub Jambi.

“Kader PDIP pasti,” pungkasnya.

Untuk diketahui, saat ini setidaknya ada dua pasangan calon yang tengah memperebutkan dukungan PDIP untuk Pilgub Jambi, yakni Cek Endra-Ratu Munawaroh dan Fachrori Umar-Safrial.

Safrial merupakan kader murni PDIP, dan saat ini merupakan Bupati Tanjab Barat. Sementara itu, Ratu Munawaroh juga sudah mengantongi kartu tanda anggota (KTA) PDIP, setelah sebelumnya merupakan kader Partai Amanat Nasional (PAN).

Cek Endra-Ratu Munawaroh sejauh ini telah mengantongi dukungan Partai Golkar. Sementara itu Fachrori Umar-Safrial, telah mengantongi dukungan Hanura dan Gerindra.


Penulis: chy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments