Jumat, 23 Oktober 2020

Seluruh ASN Pemkab Sarolangun Akan di Tes Urine, Cek Endra: Pelayan Masyarakat Harus Bersih Narkoba


Rabu, 12 Agustus 2020 | 00:44:29 WIB


Bupati Sarolangun, H Cek Endra saat diwawancarai awak media
Bupati Sarolangun, H Cek Endra saat diwawancarai awak media / metrojambi.com

 SAROLANGUN - Belum lama ini, Pemerintah Kabupaten Sarolangun melaksanakan tes urine terhadap 125 bendaharawan di lingkungan pemerintah Bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko. Hasilnya, satu orang dinyatakan positif menggunakan narkoba.

Terkait hal ini, Bupati Sarolangun H Cek Endra mengatakan jika dalam waktu dekat, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sarolangun akan dilakukan tes urine. Ini bertujuan untuk memastikan seluruh pelayan masyarakat bebas dari pengaruh narkoba atau sejenisnya.

"Ke depan kita akan siap anggaran untuk melakukan tes urine secara menyeluruh. Pelayan masyarakat harus bersih dari narkoba. Selaras dengan berbagai program yang kita laksanakan selama ini untuk mengentaskan masalah narkoba di Kabupaten Sarolangun," terang Cek Endra, Selasa (11/8/2020).

Lanjut bupati, tes urine dalam skala besar akan dilaksanakan bagi seluruh ASN, mulai dari eselon II, III dan IV. "Juga nantinya seluruh pegawai honorer. Kita akan tambah anggaran lebih besar untuk pelaksanaannya," tegas bupati.

"Ini kita laksanakan untuk menjalankan komitmen bersama, kita tidak main-main terkait masalah narkoba. Nanti tindak lanjutnya kita akan koordinasi dengan pihak BNN Jambi," sambungnya.

Untuk diketahui, belum lama ini Pemkab Sarolangun melaksanakan tes urine terhadap 125 orang bendaharawan. Hasilnya, satu orang dinyatakan positif menggunakan narkoba.

"Sudah saya perintahkan agar dilakukan rehabilitasi. Dan BKPSDM sedang mengkaji terkait tindak lanjutnya," imbuh Cek Endra.

Terpisah, Kepala Bidang Mutasi dan Kepegawaian BKPSDM Sarolangun, Kaprawi saat dikonfirmasi mengatakan jika oknum ASN yang dinyatakan positif narkoba akan dicopot dari jabatannya sebagai bendahara.

"Otomatis dicopot. Kalau status ASN-nya tidak dicabut. Namun jika nanti dalam proses tindak lanjut dia dinyatakan sebagai pengedar makan ASN-nya akan dicabut," tegasnya.


Penulis: Cr6
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments