Rabu, 28 Oktober 2020

Masih Ngotot Gelar Acara Keramaian, Kapolres Tanjabbar Siap Bubarkan


Selasa, 24 Maret 2020 | 13:19:07 WIB


Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro
Kapolres Tanjabbar AKBP Guntur Saputro / metrojambi.com

 KUALATUNGKAL - Kapolres Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) AKBP Guntur Saputro meminta masyarakat mengindahkan imbauan untuk tidak melakukan kegiatan yang mengumpulkan massa atau kegiatan keramaian, untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Jika masih ada pihak yang ngotot untuk menggelar acara keramaian di tengah mewabahnya Covid-19, Guntur menegaskan pihaknya akan membubarkannya.

"Kalau peringatan itu tidak diindahkan, langkah represif (pembubaran, red) akan kita lakukan," tegas Guntur, Selasa (24/3/2020).

Tidak hanya tindakan represif, Guntur mengatakan juga ada ancaman pidana yang dapat diterapkan.

"Kita bisa terapkan di KHUP sesuai dengan dugaan pasal yang disangkakan. Kalau mengadakan keramaian dan kita imbau masih juga melakukan, bisa kenakan pasal 214, 216, 212 KUHP. Tergantung pasal mana yang terpenuhi unsur pidananya," ujarnya.

Dikatakannya lagi, meski sanksi hukumannya tergolong ringan, namun hal itu diharapkan tidak terjadi di Tanjabbar. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk kepentingan bersama.

"Meskipun sanksinya tidak berat, tapi ini bukan soal kepetingan tertentu. Ini untuk kebersamaan," ucapnya.

Guntur juga meminta warga menghentikan untuk sementara waktu aktivitas di luar rumah seperti nongkrong di cafe dan tempat keramaian lainnya, karena bisa jadi menjadi tempat penyebaran Covid-19.

"Cafe, tempat ngopi, jangan berkumpul di sana untuk saat inj, karena bisa menjadi tempat untuk penyebaran. Jika banyak mudhoratnya jangan dilakukan," tandasnya.


Penulis: cr4
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments