Sabtu, 15 Mei 2021

Aktivitas Galian C di Gunung Raya Sebabkan Jalanan Menjadi Licin


Senin, 21 September 2020 | 16:22:45 WIB


Jalan Kampung Jawa menuju Sungai Hangat, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci ditutupi lumpur akibat adanya aktivitas galian C
Jalan Kampung Jawa menuju Sungai Hangat, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci ditutupi lumpur akibat adanya aktivitas galian C / Metrojambi.com

KERINCI - Aktivitas pertambangan dengan cara mengeruk tanah menggunakan alat berat atau yang biasa disebut galian C di perbatasan Kampung Jawa dan Sungai Hangat, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci dikeluhkan warga.

Warga mengeluh karena pada saat musim hujan jalanan menjadi licin karena tertutup lumpur yang berasal dari lokasi galian C. Sementara itu pada saat musim kemarau, jalanan menjadi berdebu.

Vita, salah seorang warga Gunung Raya mengatakan, aktivitas galian C di wilayah tersebut sudah berlangsung lama. Bahkan warga sudah pernah menegur pengusaha galian C tersebut agar tidak menambang di pinggir jalan raya.

“Pemilik tidak memikirkan kepentingan orang banyak, cuma mementingkan keuntungan sendiri. Lihat ketika musim hujan ruas jalan Kampung Jawa-Sungai Hangat menjadi berlumpur dan licin. Pengendara harus berhati-hati, karena licin dan berbahaya, banyak lubang dimana mana,” beber Vita.

Ditambahkannya, masyarakat mendesak pemerintah daerah, anggota DPRD Dapil V Kerinci, dan pihak kepolisian untuk melakukan tindakan terhadap aktivitas tambang tersebut dan segera menutupnya.

“Kami minta agar Pemda, anggota Dewan Dapil Gunung Raya, Bukit Kerman, dan Keliling Danau, serta polisi melakukan tindakan. Serta menindak tegas para pelaku, tambang yang sudah merusak lingkungan,” ujarnya.

Meski dalam beberapa minggu terakhir aktivitas galian C tidak beroperasi, namun material tanah masih menutupi jalan. Ketika hujan membuat ruas jalan tersebut berlumpur dan licin.

“Kita minta pengusaha galian C membersihkan tanah yang menutupi ruas jalan, karena ketika hujan jalan menjadi licin,” pungkasnya.

Sementara itu, seluruh anggota DPRD Kabupaten Kerinci secara tegas meminta tambang galian C ilegal untuk ditutup.

Erduan dari Fraksi Gerindra, saat penyampaian pandangan akhir fraksi terhadap laporan hasil pembahasan atas Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2019, meminta Bupati Kerinci Adirozal menindak tegas dan menutup galian C yang tidak berizin.

“Untuk pihak terkait membantu bagaimana cara mengurus izin galian C dan menindaklanjuti jika galian yang tidak berizin untuk menutupi galian C tersebut,0” tegasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments